jump to navigation

Tips dan Misteri Penting dalam Mengganti oli October 27, 2011

Posted by keshamotor in Uncategorized.
trackback

Assalamualaikum

mas bro semua, silahkan di kunyah-kunyah info yang sangat bermanfaat ini dari admin Suzuki Smash Titan Indonesia. tentang tips mengganti oli yang mungkin tidak terpikirkan oleh kita sebelumnnya. diantaranya ialah :

jangan mengganti oli motor dengan oli mobil, karena oli mobil dirancang khusus untuk mesin yang menggunakan kopling kering, sedangkan mesin motor menggunakan kopling basah dan koplingnya harus terendam oli efeknya kopling sering selip. Periode penggantian oli mesin motor pada umumnya adalah 2000-3000 KM jika pemakaian normal setiap hari dan memakai oli SAE 20W/50 dan motor yang lebih banyak terjebak macet di jalanan, penggantian oli motor sebaiknya dipercepat sekitar 1.500 KM.

Berikut ini tips saat mengganti oli motor :

1. Jangan Anda lakukan pergantian oli saat mesin masih terlalu panas karena dapat membuat metal memuai akhirnya drat baut menjadi rusak

2. Hindari penggunaan angin Kompresor karena udara dari kompresor mengandung air sehingga bisa beresiko menimbulkan karat dan kwalitas oli akan menurun karena tercampur air. Sebaiknya diselah/dikayuh saja menggunakan foot starter 3 sampai 5 kali supaya sisa oli turun.

3. Gunakan Foot Starter. Untuk memastikan oli lama sudah keluar semuanya, lakukan cranking atau putar mesin Anda menggunakan foot starter beberapa kali. Boleh menggunakan electric starter tapi harus dibatasi, jangan terlalu lama.

4. Kocok Oli Baru. Sebelum oli baru dimasukkan, jangan lupa untuk mengocok-ngocoknya terlebih dahulu. Fungsinya agar lapisan tipis pelindung mesin pada saat bergesekan yang bisanya mengendap di bawah dapat tercampur kembali dengan baik.

5. Dan jangan lupa ganti filter oli setiap 7.500-8.000 KM

semoga bermanfaat

salam keshamotor

Comments»

1. lugupol - October 27, 2011

Thanks tipnya…

keshamotor - October 27, 2011

oke bro, sama2🙂

2. jun - October 28, 2011

bang…yang jadi bingung di buku manual titan disarankan yang sae 20/50…makanya aq belum pernah coba yang sae10/40 meskipun tarikanya lebih enak…tapi katanya buat mesin tidak awet…setelah SGO saat ini pakai motul tapi yang sae 15/50 sdikt lebih encer…jadi masih bigung ni untuk pakai sae10/40…

3. keshamotor - October 29, 2011

pake sae 10/40 oke2 aja ko bro,ane pake yg enduro racing sae 10/40 malah tambah mantabs tarikannya🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: