Komparasi Vario Techno 125 VS Suzuki Hayate, siapa yang terbaik? June 13, 2012
Posted by keshamotor in Uncategorized.trackback
(image by : proud2ride)
Assalamualaikum
Hai Hai mas bero , nampaknya hiruk pikuk motor skutik semakin menggila 2 tahun ini. Setelah melewati rekor jumlah penjualan motor bebek, skutik kini menjadi pilihan utama konsumen yang ingin memiliki sepeda motor. nah langsung saja, beberapa bulan lalu Honda meluncurkan motor skutik teranyar nya yaitu Honda Vario 125. Yang di klaim sebagai motor skutik kelas 125 yang terbaik. apa iya? bisa iya bisa engga hehe
but, biar lebih jelas lagi sekarang ane akan mencoba mengkomparasikan Vario 125 yang merupakan skutik kelas 125 cc ini, dengan lawan yang sepadan yaitu Suzuki Hayate. karena beda pengapian, yaitu vario 125 injeksi dan Hayate Karburator, maka akan dibandingkan dari segi yang tidak berhubungan dengan pengapian tersebut. tentunya ini versi keshamotor ya,. blog independen bukan sales π
Harga :
Vario 125 : 15.100.000 juta
Hayate : 14.400.000 juta
Vario 125
Kelebihan: Sporty, lampu belakang modelnya paling bagus dari skutil lain IMHO, fitur menarik karena ada tombol sendiri untuk membuka jok, helm-in. Jok empuk, side stand switch. delaer honda banyak banget, spare part murah dan tersedia banyak. harga jual masih tinggi dan tingkat kepuasan pemakai vario techno tinggi, terbukti di diler motor bekas jarangΒ lihat vario techno. NB : vario ada ACG nya jadi klw di starter itu ga ada suara nya, ga kayak yg lama bletak dueerr π
kekurangan : banyak yg bilang klw baru beli tarikan maksnyuus, cuma bila sudah lama suka ngorok dan body nya tipis, dikhawatirkan bisa goyang dombret alias oblak, geter dan bila terjadi benturan ringan rawan pecah (ini pengakuan orang2 yg pernah pake motor ini). Shocks cuma satu.
Hayate 125
Kelebihan : Design Sporty, Unik, jarang yang pake di jalan sehingga terkesan ekslusif, Shocks atau Pes nya dua. sehingga lebih stabil dan nyaman, buka jok sudah terintegrasi dengan kunci kontak, side stand switch juga, Helm muat di bagasi, ban ring 16 sehingga lebih nyaman, banyak yang bilang kalau diajak ngebut lebih stabil ga goyang.
Kekurangan : Deck nya yang untuk beberapa orang bilang tidak fungsionalitas, tapi keuntungnnya chasis jd lebih kuat. lampu belakang bagus, cuma kalah bagus sama vario IMHO, Spare part ada yang asli aja makanya harganya mahal.dealer Suzuki masih Jarang di kota-kota pelosok, harga jual Turun.
Nah mana yang lebih kerena menurut mas bero semua????
well, itulah sedikit komparasi sederhana dari ane, semoga bisa bermanfaat.
maaf bila2 ada pihak – pihak yang merasa tersinggung
keshamotor menerima saran dan kritik nya π
vote hayate..
#v125 ki untuk fbh
SIp mas π
pilih hayate, lbh nyaman drpd vartech 125
kebetulan dirmh ada 2 motor tsb. IMHO
aku malah baru tahu hayate pake ban ring 14
.honda operpress ya mas.hatga lbh mahal shoknya cuma 1.hayate aja lbh murah dapet 2 shok belakangnya
harga shok di loakan cm 150 rb.
Tp ga tau deh kalo harga ACG… π
masa? π
Kan harganya gak cuman shock doang, nambah Swing Arm, dan dudukannya. Tapi jangan lupa juga Vario 125 udah injeksi jadi pantes agak mahal
Lah V125 pan injeksi? ACG? Liquid cooled System?
yap π
nah ini..udah jelas2x yg satu uda injeksi. kalo uda bandingin harga mana bisa masalah injeksi/karbu ditiadakan?kalo mau ya bandingin hayate sama xeon lah. vario 125?blom ada lawan di kelasnya & IMHO masih yg paling value for money. xeon injeksi ditunggu nih..
oke sip π
khas suzuki lah
http://pertamax7.wordpress.com/2012/06/12/baut-tanam-knalpot-honda-megapro-tiger/
jok vario empuk? lebar doank tapi gak empuk, trus sokbreker nya si hayate ama vario sama, gak ada beda
sokbreker sma piye con? π
belum pernah coba dua2nya
coba kang di dealer, biar ajib π
knp gak di kompare sama Xeon sekalian yg dibanderol 15.95 jt bro?
kapan2 ya um π
coba kalo vario 125 dengan dual shock ala hayate, trus plastik juga nggak tipis2 banget..bisa bikin mas kesha naksir vario nggak ya?
klo vario 125 dengan dual shock ala hayate, trus plastik juga nggak tipis2 banget? mau dikasih harga berapa?
seribu tiga π
iya ya,,tp klo hayate d kasih technologi vario ? π¦
ehmmmm, kasih tau ga yah ? π
jadi pengen coba nih. π
sip jgn lupa dibeli π
Vote Hayate 125 π
http://dizmaz.wordpress.com/2012/06/13/modifikasi-skutik-trio-kuning/
thanks π
Bagus apa enggak ya silahkan liat data AISI.
Mossok motor bagus gak laku…???
*maaf ga bermaksut menyinggung ipanase
weleh weleh π
Menurutku bagus tidaknya sebuah motor bukan karena di ukur dari penjualan, tapi banyak faktor yang menentukan terutama pola pikir masyarakat Indonesia yang fanatik pada merek tertentu, promosi, purna jual kembali. Karena kebanyakan orang ketika beli motor saat itu juga ditimbang-timbang bagaimana nanti harga jualnya. Coba nanti jika pola pikir masayarakat telah berubah, aku kira akan lain hasilnya. Contoh posisi Nokia sebagai produsen HP terbesar bisa digeser oleh Samsung yang sangat Inovatif dengan Samsung Galaxinya. Padahal dulu masayarakat ingin beli HP yang ada dibenaknya ya Nokia.
oleh karena itu, untuk saat ini indonesia tidak termasuk dalan smart consumers, krena masih melihat merek dalam membeli sebuah produk bukan kualitas yg dilihat
Yupz…. pola pikir berdasarkan brand image. Orang kalau beli pasta gigi pasti bilangnya odol, padahal Odol itu merek. Kalau mamam mie instant bilangnya Indomie pdhl mamamnya Supermie. Atu lagi, minum air mineral bilangnya Aqua, padahal yg ditelen itu Vit. Kesimpulan, Honda memang “kukunya” udh nancep di pikiran konsumen. Ngga mungkin Suzuki kurang duit buat kampanye promosi. Pasti ada strategi laennya. Kalau saya pribadi, maunya kalau beli motor ya pakai sampai ngga bisa dipakai lagi. Vr 125, Sz 125, dan Xe 125 rata-rata sama semua. Kalau milih yg nanti gampang kejual ya si Vr 125, milih elegan ya si Sz 125, milih power ya si Xe 125. Beli aja tiga-tiganya kale yee… he he he, just my comment.
ACG STARTERNYA kemana 0m??kug gag di tampilkan sbg kelebihan?
ke nanti sya edit π thanks
Honda sparepart banyak? Coba tanya tanya lagi, honda itu termasuk motor dengan spare part susah dan terbatas. Kalau pesen di dealer.
oyeaa??? parah donk π¦
velg hayate ukuran ’16
oke oke π
Velg Hayate rim 16″ bro. Aye bekas pemakai Hayate, tp balik lagi ke Skywave
Yg aye tau, jok skutik Honda itu keras busanya. Shock blkg cuman 1 jelas gak bisa dibandingin ama dual shock, terutama kalo sering bonceng rame2 atau beban berat2, krn bisa makan sebelah, coba aja kalo gak percaya, aye udah sering merhatiin buntut skutik di jalan soalnya.
Kalo Vario 125 jelas brandnya yg jadi kekuatan, tp belum tentu yg terbaik bila dibandingin ama yg lain. Aye mah tetep pegang Hayate
Oya, dek tengah gak rata jelas ada kelebihannya, krn rangka bagian tengah jadi lebih kokoh, dan lagi bagi aye ada gunanya, yaitu buat injekan kaki anak aye saat dibonceng di depan
iya juga yah, thanks infonya bero π
salam ane pemakai skywave 125 2010… puass dan mantaf…
sik asik π
sip,. mankyuss mas bero π
Pengalamnku pakai Vario Techno 125 masih tersisa 2 kendala yg perlu dicatat Produsen, 1. Jok sangat tidak nyaman. 2, Busi std bawaan jelas2 ga cocok dg sytem pengapian nya.
spare part suzuki spare partnya mahal dan susah dicari dan kalau beli maunya paketan. itu yang bikin harga jualnya turun. IMHO
iya betul, padahal walaupun mahal tapi original dan awet bgt. Titan ku udah 1,5 tahun km 36.000 blm ganti rante dan gir um π
wah kalah om supraku dr thn 2002 baru ganti rantai 2x nih..pemakaian setahun +/- 20 rban km lah. gir sih blum pernah walaupun uda agak ga enak π
supra 2002 bukan Ahaem bro, kualitas masih bagus. coba yg sekrang ? π
Motor suzuki shogun sp ane dari 2005 baru ganti rantai 1 kali, awal tahun kemarin… plus ganti bearing roda sama kanvas rem 1 kali.. emang masalah kualitas suzuki selevel sma yamaha atw honda. bahkan mungkin lebih baik, yg jdi masalah cma harga jual secondnya.. ancur-ancuran
wow wow wow bagus2 π
Sorry OOT. Ane pilih Skywave 125 π
wah ko milih yg udah expired?? π
baru 1bulan aq meminang blue hayate.lumayan sangat murah sekali,rakitan 2011 aq dptkn cm 12,7jt.
menurutku hayate cuma kalah nama+injeksi az.
secara pemakaian hayate lumayan stabil untuk berboncengan 4org(2anak+istri)
konsumsi bbm pun masih lumayan.bs 1:34-40 kpl(tergantung kondisi jalan)
mantabs π
kodok ijo_ TOSSS…..
dek tengah buat pijakan anak,jd kaki gak nggantung.berdiri terus ya capek.
pokoknya hayate kalah nama doang.
iya juga sih π
aku bkn fans boy merk …… tapi jujur secara pribadi aku lbh suka Vario 125 pgm-f1 ……. body fresh , irit dan cukup laju ……..hehehehehe
siap um π
vote hayate om ….. Hayae tahun 2012 discount 1 jt, jadi cuma 13,4 jt.
Coba kalo dibalik Suzuki Vario 125, Honda Hayate 125. Mana yg lebih laku?
Hayatih π
Eh setelah pake VARIO 125 ,msh lebih nyaman+tangguh HAYATE
Klo udah punya baru bs membuktikan Motor mana yang bener2 tangguh dan yang cuma menang Nama ! Kecewa Dg RIO 125 , harian + luar kota lbh tangguh+nyaman YATI 125
Rio dan Yati π
Aku pilih Hayate karena aku punya warna merah maroon, jika dikendarai impresinya luar biasa. Akslerasinya top markotop ” sangat cepat banget dan bengis “. Untuk Honda hanya menang nama doang Cylinder belum anti geres seperti miliknya Hayate, pengalaman ketika mengendarai vartec 110 CBS menempuh jarak Malang ke Blitar boncengan sama istri, shockbreakernya gedug (mentok) ketika jalanannya kondisi bergelombang. Jan mengecewakan banget
woow mantabs, tapi udah coba yg VArio 125 blm? Rasanya beda lho
Seandainya rencanaku mulus untuk beli lagi motor tahun ini , aku endak akan beli Vartek 125 sebab ketika aku di lampu merah trus didepanku ada Vartek 125 aku lihat dari belakang jan kopong tuh ruang di sekitar ban belakang sampai sekitar jok. Yang kedua swing arm samping kanan Vartek 125 kurang indah dibanding punyanya Hayate. Ditambah ngoroknya mesin 125 kaleh seksi sama deru mesinnya Suzuki Hayate.
oke oke, silahkan pinang neng Hayati π aja
suara ngorok wantufef gampang solusinya pasang aja busa di pipa filter udara di dalam boks filter udara (diatas boks cvt),dijamin langsung hilang
busa giaman um? ko motor baru pake diganjel2 segala sih π
Edi Purwanto@ hayateku secara akselerasi masih kalah dg vario.terasa berat banget tarikanya.tp secara keseluruhan neng Yati nyaman dikendarai sendiri maupun rombongan keluarga.
oke gan π
Aruna Hayata Kamura : Memang dulu Suzuki Hayateku di awal pemakaian seperti itu, tetapi setelah servis dua kali larinya juan cepet buanget untuk nyampek di kecepatan 100 km/jam. Itupun gas belum mentok. Dengan modal seperti itu, jika dibuntutin matik lain langsung gas aku pluntir, motor sudah melesat jauh. Tambahan untuk kecepatan sering aku coba pakai GPS penyimpangannya dengan jarum speedo skitar 5-7 %. Coba kalau ngendarai Vartek 125 trus diuji dengan GPS nanti penyimpangannya berapa antara speedo dengan GPS.
Honda simpangan Speedo nya ga gede2 amat, kmungkinan juga 5-7%
@Edi Purwanto:
Saya setuju dengan komen andaa tentang vartec 110.
saya punya 2 matic: vartec 110 untuk isteri dan hayate 125 untuk saya. tapi kadang-kadang gantian juga. Kalo dipakai sendirian saya merasa vario lebih lincah, empuk dan nyaman. cuman isteri sering komplain sering terpeleset kalau lewan jalan yang becek, beda dengan hayate yang mantap dan selalu mencengkeram jalan dengan kuat. makanya saya hanya pakai vario untuk sendirian dan jarak dekat. kalau untuk boncengan terasa ambles, tarikan berat, ada rasa geol kalau kena angin, skok mental-mentul n jeduk kalau lewat jalan bergelmbang, apalagi kecepatan agak tinggi, dan lama-lama pegel-pegel di badan. kalau pergi berduaa apalagi berlima (+ 3 anak) hayate selalu menjadi pilihan utama.
selain itu hayate lebih stabil diajak ngebut. saya coba sampai nyentuh angka 100 di speedo tetap stabil dan getaran mesin sangat halus. untuk vario saya pake di atas 80 stang terasa mental-mentul, gak berani pegang tangan satu, dan mesin terasa bergetar dan ada rasa grek-grek gitu. tapi kalo untuk putar-putar kampung n santai-santai vario lebih nyaman, ringan, dan halus, cuman kadang-kadang ada rasa gregel-gregel di cvt-nya, seperti ndut-ndutan. gejala ini ndak saya temui di hayate maupun spin.
ini cerita serius kan bro? wah wah ternyata disini pada milih hayate lebih baik dari vartech ya π thanks
Ini serius bro. Saya tdk bermaksud nge-BC salah satunya. Itulah yg saya rasakan. Secara saya masih sayang keduanya tapi untuk keperluan yg berbeda. Kalo menurut isteri saya lebih mantap Spin yg dia pakai sebelumnya selama 3 tahun.
makasih bang enje buat ceritanya, kebetulan lagi butuh motor matic yang bisa bawa bini plus 3 anak ditambah barang balanjaan. soale ane pake spin dah 5 taonan bener2 tangguh.
Seneng baca komen dari para user langsung dan bukan katanya-katanya. Apalagi ngungkapin kelebihan dan kekurangannya dan tanpa BC sama sekali, jadi bisa buat referensi. Good… Good… Good… π
π oke sip mantabs
sebenermya naksir banget sama hayate.cuma sayang dideknya nggak rata.jadi kurang leluasa bawa banyak barang.sayangnya lampe rem led di skywave justru nggak ada di hayate
iya juga π
saya vote for hayate or sym shark aja, ndak tertarik sama sekali sama vario 125, mungkin jika dinilai dari segi tekhnologi vario memang jauh lebih unggul…..tp untuk kenyamanan, maaf nehh vario 125 maupun xe’on 125 masih dibawah hayate, pengalaman make hayate plus vario 125 juga xe’on 125 pinjeman hehehehe…yg saya rasakan hayate lebih nyaman, tidak cepat cape, riding positionnya enak, kayak naek motor laki hehehehe…..sama ama sym shark, wenak
semoga kisah nyata dan bukan sales π
hahaha….saya sales tanah
bagus2 π
gaplek_ deck gak rata gak bs muat bnyk brg.
emang mau bw sbrapa bnyk brg?
klo 1dos air mineral gelas masih bisa lah.beras sekarung(25kg)juga muat.
deck gak rata enak buat pijakan kaki anak.deck gak rata menambah kestabilan berkendara.
maklum.rakyat ketjil.belum punya mobil.kadang belanjaan sekarung bingung ditaruh dimana.terpaksa deh diiket dijok cs1.sisanya nyemplung givi e33
loh loh π
oo gitu um π
Deck ga rata hayate ane bisa bawa beras 1 karung isi 50Kg hehe
xeon g ikut om?
http://zrriders.wordpress.com/
Xeon nanti menyusul um, coz ane blm pernah nyoba π
Ini komparasi yg keliru bero semua. Hayate ya lawanya airblade. Sama2 dek gak rata(ada punuknya) sama2 stereoshock.
ini komparasi skutik 125 π
ya tapi masak stereo dilawanin mono, lawannya yg ada di mari cuma nouvo, sama2 punya punuk (dek gak rata), sama sama stereo…sayang nouvo sdh tewas duluan…
intinya suzuki di segmen hayate ini seperti satria FU…seng ada lawan alias gak head to head…but nice strategi suzuki.
maaf oot, cm mau share aja.
saya pengguna spin tahun 2007, saya pake tiap hari ampe skrg udah +/- 50rb an km (maaf kabel spido putus) masih ok tarikannya, ga kalah sm matic 125 laen, top speed masih dapet 100an km/j, bensin jg ga boros menurut sy, masih dapet 1:35-40an, ga ada getaran body dan kualitas cat bagus (tidak buram dan gliter masih jelas kaliatan), baru ganti v-belt dan roller sekali..
suzuki emg mantaff..
ada niatan ganti hayate nih, apa hayate bakal ada yg injeksi?? mohon infonya..
kayaknya bakal ada, cuma waktu yg blm tahu. coz kle NEx injeksi ada, kenapa hayate engga? ya kan π
Iya nih.. saya pengguna spin.. pengen ganti hayate yang injeksi..
kalau masalah deck, kedua motor ini memang beda jenis, gak bisa dibandingkan. harusnya lawanya air blade atau nuvo. vario = skutik. air blade, nuvo, skywave = skubek – rangkanya aja kaya bebek
setuju…kalo liat airblade sendiri dijamin mata langsung gak kedip…manteeep deh airblade!
and shocknya juga beda bang stereo lawan mono
komparasi yang salah ni
harusnya..
hayate vs spacy
vario 15 vs xeon
oyeeaa??
Wah, ane lebih sreg produknya suzuki. Dulu ambil shogun 110, trus smash. Eh, ambil lagi ya spin buat istri. Memang beda banget antara skutik lainnya, spin lebih nyaman & ga ada getaran mesin di kecepatan tinggi.
sip lah
suzuki bln juli ngeluarin motor bru lgi diindonesia Suzuki INAZUMA250
sip
Tadi pagi adu sprint sama vario tech 125 di jln pemuda rawamangun, ane bawa hayate 125, alhamdulillah lewat juga tuh vario…..
hayateh geto loh
suarez_ hayatenya masih standart apa udh oprekan?
punyaku kok masih alah tarikan dg vartec 125.
(masih service 1x).
top speed 100kmj.
tp hayate nyaman buat berkendara.
menurut aku hayate menang desain keseluruhan,
vartec menang injeksi,
after sales suzuki turun..?
Kyknya kl di manado nggak tuh,
after salesnya tergantung kondisi motor,
buktinya thunder 2003 tetanggaku msh ditawar 8jt
oleh finance tmpt gadai bpkb.
*(kondisi mulus).
billy – June 13, 2012
wah kalah om supraku dr thn 2002 baru ganti rantai 2x nih..pemakaian setahun +/- 20 rban km lah. gir sih blum pernah walaupun uda agak ga enak π
———————————————————————————
wah masih kalah ama tornado gs gw… udah 12 taon baru ganti 2x… wekekekeke… mesin masih orsi n os0, gw service besar masih mulus… selama 4 tahun ini pp 70KM perhari dan sebelumnya 40km perhari selama 8 tahun…
8 tahun = 40km perhari
4 tahun = 70km perhari
jadi total km gw udah 219rb km… udah 2x bolak balik om…
dan masih kenceng sampai saat ini…
berarti supra lu kalah ama tornado gw donk yang katanya boros… eniwei tornado gw sama boros nya ama blade temen yang usianya 3 tahun… di panteng di 90KPJ konsumsi bbm sama2 35KPL…
apa kata loe aja roy..semua orang juga tau segimana bisa ditanggepinnya sih omongan u
aplah guna teknologi injeksi, tarikan bda dikit 0,..dt. irit beda…tetes. Kalo harga lebih mahal. Kalo ada yg lbih murah tapi mantap and sedap dipandang mata buat lari 100km/jam tetap wuzz stabil.. jga klo gnti ban dlm ga hrs bongkar baud head knalpot, so lama2 bisa bonyok tu kepala baut…wkwkwk.. π
Ane pnya Suzuki hayate sama nex gan,,
untuk akselerasi mantab di nex nyentuh 110kpj tanpa getar,
hayate mentok di 100kpj,(apa salah pas beli baru g pernah digeber)
tapi hayate mantab,kokoh,,nex klo kena lubang kyak kebanting,,
tapi bulan ni mau pinang vartec 125,,biar lengkap drumah,,
(abis jebol jupi mx ane),,salam
aq plh hayati..mantep minim perawatan…lari knceng lbh stabil..60kpj smp mentok trasa cpt bngt nafas jg g hb2..
sejak kapan ada pengapian karburator dan injeksi?
ane lurusin ya, klo vario pengapiannya udah full transistorized kayak di mobil honda.
klo hayate masih konvensional pengapiannya pake DC CDI.
nah, klo sistem bahan bakarnya baru deh, klo hayate masih karburator dan vario udah Fuel Injection itupun udah generasi ke-4 sama kayak di pcx150, cbr 150 &250 yang udah Programmable makanya disebut PGM-FI (Programmable Fuel Injection)
Ane pemakai vario 125 nih, vario 125 suaranya alus tarikan alus ga geter gas mantep irit bgt parah pokoknya udah kaya skuter matic hi class cuman 1 suara ngorok sama berat kalo dibuat boncengan, tapi suara ngorok hanya terdengar kalo mesin belom panas tp kalo udah panas beh ga ada suara kalo di bandingin hayate suaranya brisik dan belom berteknologi injeksi. tekonlogi injeksi itu kan pemasukan bahan bakarnya di ukur berdasarkan sensor yang ada di intake manifold jadi pasti pas antara udara dan bensin ketimbang karburator yang kalo di gas netes terus bensinnya
Dear Bung Kesha,
brgkali Bung Kesha lebi tahu ‘n paham,
1) Kpankah Suzuki bakal ngeluarin Hayate injeksi?
2) Seumpama kita punya dana yg mcukupi, lebi baik belanja skutik premium sekalian ataukah
ambil skutik kelas menengah kemudian kita modifikasi utk peningkatan performanya?
Saya mdambakan skutik yg nyaman ( baik dikendarai sndiri maupun bboncengan serta layak pakai lintas kota ), bertenaga , kencang, tangguh, akomodasi yg oke ( jok & bagasi luas ).
Smtara utk konsumsi bbm, cukup biasa aja asal wajar ‘n masuk akal.
Tinggi badan saya 177 cm, bobot 79 kg, istri 173 dg 60 kg. Kami belum bputra.
Terima kasih, ya, Bung Kesha, buat pandangan & tulisan Bung Kesha yg menerangi masyarakat dua roda Indonesia ….
( sedang galau hendak meminang skutik …. he he …. )
sudah sya bales via email om
Terima kasih, ya, Bung Kesha ….
JazΓ€ka££ΓHu khoyr ….
saya pengguna hayate juga nih, belum lama ini hayate saya nabrak pembatas jalan, mohon infonya kalau sparepart hayate yang ada dmana ya? karena tutup knalpot, bodi depan sm sticker saya mau ganti coz rusak. .
ditunggu infonya π
di dealer juga ada kalee
soal bbm kalau boleh di bandingkan secara materi sama aja kenapa ??? injeksi di VARIO125 emang irit kalau menurut literan tp karena kompresinya yg besar tetap aja yg dibeli jg hrs pretamak yg harganya hampir 2x premium sedang suzuki hayate msh bisa premium.
berat kendaraan sama 113 kg tp dgn adanya 2 shok dan reng velk lebih gede maka suzuki hayate akan lebih nyaman, ga percaya ??? boleh dibuktikan !!!
soal akselerasi saya jago hayate, kalau ga percaya jg boleh di coba secara transparan boleh dgn temen / 22nya punya sendiri
soal top speed !!!! imbang sama2 110 s/d 120 km/j tergantung reyenanya serta perawatannya
semua data di atas pengalaman pribadi dan mungkin orang lain akan bisa jadi berbeda, BUKTIKAN DULU SEBELUM MENILAI.
soal bbm kalau boleh di bandingkan secara materi sama aja kenapa ?#@&^>>>>
tp ko beda ya, ,
nyangkal itu namanya broo.. π
jelas beda technologinya,,
kebetulan mau beli hayate minggu ini jadi makin yakin aja ama suzuki, soale pernah pake thunder 3 taon n sekarang pake spin dah 5 taonan. khusus buat spin 4 jempol dah. tiap hari buat gawe pp 90km saban weekend boncengan bini plus 3 anak pp 70km atao buat shopping bulanan jadi entah berapa berat total yang harus dipikul si spin. tapi selama itu baru ganti belt and shock breaker satu kali. top banget dah pokoke…
numpang komen gan…. boleh ya
Kebetulan saya punya PaRio 125 (dipake istri) sama NengYati 125 (sahabat sehari-hari saya)
PaRio vs NengYati itu ibarat bikin kopi…. si PaRio bikin kopi segelas pake 2 bungkus kopi, nah si NengYati cukup satu bungkus….
Secara rasa…. pasti lebih mantab kopi buatan PaRio….
Tapi secara logika, Kopi buatan NengYati itu udah pas (kalo menurut iklan si pembuat kopi :p)…
Kenapa begitu….???
KELEBIHAN PARIO :
PaRio mengusung sistem PGM-FI… di sistem bahan bakarnya…. secara teori itu ok’s banget… tapi untuk ukuran mesin 125 itu masih mubazir. sistem bahan bakan Injection akan terasa manfaatnya jika diaplikasikan ada mesin >1000cc,,, nah klo ditempel di mesin 125 gimana,….???? ah… paling bedanya cuma segini doank (sesendok teh) klo kata kang dedi :p
NengYati masih mengusung sistem karburator….. jadul banget sih….. eit nanti dulu… yg nempel di mesin nengYati ntu Mikuni BS26, karbu yg satu ini msh dipercaya buat nempel di mesin Satria FU en Yamaha Bison… nah… kebayang donk klo tuh motor cc lumayan aja make.. apalagi NengYati….. PAS
PaRio menggunakan Radiator….. ah…. klo yg ini smua pasti setuju, terlalu mubazir, mahal, serta perawatannya makin ribet… walaupun di klaim pasti bikin adem jeroanya si PaRio…. tapi bagaimana klo radiatornya diisi pake air sumur….???? tau sendiri kan jawabanya… hehehehehe…..
NengYati cuma pake kitiran angin buat sistem pendinginnya…… nah klo buat teknologi yg satu ini, saya rasa blom ada yg komplain kepanasan deh buat mesin yg ditiup pake kitiran angin…… satu lg buat NengYati…. PAS
PaRio punya Handbrake….. klo tuh motor diparkir pake standar tengah tuh handbrake fungsinya apa,,,????? ~*&!(*&*^@()#&$*&())_
NengYati ga punya handbrake…… gampang…. di ganjel pake balok aja…. heheheheh (ngeles.com)
KELEBIHAN NENGYATI :
NengYati pake Dobel shockbreaker….. di klaim lebih mantab bermanuver….. dan memang terbukti. cocok dengan body kekar nengYati…. nambah satu lg… PAS
PaRio pake Single shock….. ga pas banget deh dengan body keker gitu tp pake single shock….. pernah ngeliat vario keluaran Juni 2012 tp body belakang udah miring2 gitu…. kasian ngeliatnya π¦
NengYati pake ring 16”….. mantab mencengkran aspal…. mesin oke… kaki oke…. satu lg…. PAS
PaRio msh pake ring 14″…. hmmmmm…… saya rasa sudah ada yg tau lah….. karena blom musim hujan…. rasanya ga pas klo saya review sekarang
NengYati msh pake karburator…. Loh…. ini bukannya malah jadul…. eit.. nanti dulu… buat yg mau nambah besutan si NengYati…. banyak opsi bisa dikotak-katik di karburator ini… gak percaya… browsing sendiri aja ya…… :p
NengYati memiliki dek yg ga rata…. nah… pusing kan…??? bayak orang bilang dek ga rata malah bikin NengYati ogah ditaro barang di dek….. eit…. nanti dulu…. buat ane ini kelebihannya NengYati…. kenapa….?? nih ane ceritain, kemaren ane ada hajatan, kebetulan beli 2 karung beras ditaro di dek si NengYati….. Ajaib….. kaki ane masih bisa nyempil dibawah karungnya…. hebat tuh orang jepang….. masih sempet2nya mikirin karung….. :p
Kalo seandainya pake PaRio….. hmmmmmm…. otomatis lipet dulu dah tuh kaki….. atau dititip dulu kaki-nya di tukang beras… ntar balik lg ngambil…..wkwkwkwk….
Nah…. ngomongin masalah tarikan….. sebenarnya emang PaRio diatas kertas wajib duluan dr NengYati, diliat dr spek mesinnya ya…. walaupun dijalanan NengYati ane sering memaksa PaRio tetap mengekor saja…… Loh koq bisa….??? ada yg ga beres nih…
Betul pemirsa….. rupanya ada yg gak beres dr sekian banyak PaRio seliweran di jalan…..
dengan menganut mesin kompresi tinggi 11,0:1 rupanya PaRio diwajibkan untuk minum PERATAMX PLUS…… sekali lagi ya….. WAJIB minum PERTAMAX PLUS….. atau yg sekelasnya SHEL SUPER….. jadi klo rider PaRio msh kasih minum besutannya pake PERTAMAX aja msh blom bisa buat si PaRio unjuk gigi…. apalagi klo dicekokin PREMIUM…. makin menjadi-jadi lah ulah si PaRio…. dan memang keliatan koq…. banyak PaRio msh ngantri dibarisan PREMIUM…. ini yang menjadi PaRio sering dipecundangi….
Beda dengan NengYati…. kompresi masih 9,6:1 secara teori msh tidak terlalu diwajibkan pake PERTAMAX PLUS…. pake PERTAMAX biasa jg msh kelebihan tuh karena kompresi 9.6:1 diatas kertas wajib minum jamu oktan 90, Fyi : premium oktan 88, pertamax oktan 92, pertamax plus oktan 96…. jadi secara teori si NengYati msh bisalah dicekokin PREMIUM, walaupun powernya ga se bringas klo pake PERTAMAX……..
Nah…. kesimpulannya….. kalo ada yg liat PaRio lg ngantri di pompa PERTAMAX PLUS…… mending kalem aja deh…. hehehehehehe…. ini terbukti koq…. PaRio bini ane beberapa kali terpaksa geal-geol di depan Yamiha Keong…. yg di klaim jadi raja-nya ngibrit
Nah…. buat yg mo punya PaRio….. mending dipikir dulu… klo kuat beli tuh PERTAMAX PLUS….. ya…. Selamat…. !!!! pilihan anda sudah tepat….. persiapkan adrenalin anda
Tapi klo yg mau irit-irit seperti yang sering ibu saya pesankan sama saya…. ya…. pilih NengYati anak pak RT aja….. udah montok, bohay, sexy, dah ga banyak belanjanya…… cmiwww…..
oia…. klo ada yg bilang motor SiJuki onderdilnya mahal, sepertnya bisa dibilang HOAX…. coba di kompare yg betul…. kompare dengan onderdil AHM dengan onderdil SGP…. jangan dikompare onderdil ASPIRA dengan SGP… ya bedalah….. beneran… boleh di cek….
Itu yang jadi alasan utama saya kenapa sekarang saya pake NengYati…. sedangkan PaRio saya wariskan ke istri tercinta aja buat antar jemput anak sama belanja2 ke pasar…..
Sebelum saya ngantuk saya pengen ngebuka satu kekurangan si NengYati…. yg menurut saya Fatal…tal..tal….
NengYati ndak ada Tombol Lampu nya……. siddd…….
Kenapa saya bilang fatal…… pernah saya malam2 masuk ke gang…. di depan ada beberapa orang lg nongkrong sambil maen gitar….. jauh sebelum melewati mereka, keliatan banget muka mereka menoleh ke NengYati saya….. ah naksir sm NengYati saya kali mereka ya… pikir saya… hhahahahaha…..
Makin dekat mereka satu persatu menoleh ke arahku, walaupun genjrang-genjreng gitar dan suara nyanyian agak fals masih terdengar…..
pas mendekati mereka… sontak mereka terbangun dari duduk mereka…. loh ada apa ini….?? pikir saya….. saya pelankan laju NengYati…. begitu melewati mereka saya ucapkan Permisi bangggg…. Satu dua orang berhasil saya lewati…. pas akan melewati orang ketiga terndengar celetuk “Bang…. lampunya ga bisa lebih silau lagi…..???”
Astaga…… ini rupanya permasalahannya…. pantes aja rasanya koq agak ganjil ya…. pas lihat muka mereka terang benderang tertembak lampu si NengYati dr ujung gang…. untung aja saya saat itu berenti dan buka helm, matiin nengyati sambil nunduk-nunduk minta maaf “bang… maaf motor saya ga ada tombol lampunya…. maaf ya bang,” dan untung juga mereka mau mengerti……. hufffttthhhhh…..
Intinya….. NengYati saya tidak bisa lewat gang-gang… takut ada orang lg nongkrong, kejadian lagi deh…..
luar biasa indonya bro π
beli aja bro saklar nya cuma 90rbu sy beli di suzuki mayestik krna mw tutup akhirnya dipasang di suzuki rempoa kasih mekaniknya aja 10rb -15rb rapijali
Klo saya dirumah ada 4 spd mtr yg kebetulan semua merk SUZUKI smuanya.mtrk saya,NEW Shogun 125 RR, spin 125NR,SKYWAVE dan yg trkhr saya baru beli skydrive.krn saya fanatic dgn mtr suzuki.jd saya bisa ngasih kelebihan atau kekurangan dari motor suzuki.utk New shogun 125 RR saya tarikan awal emang agak berat tapi utk putaran atas kuenceng banget tapi yg paling kusuka mesinnya halus sampai dipijakan kaki gak teras getar sama skali.utk spin emang lincah tarikan spontan dan lari kuenceng tapi sayang rem blkg kurang pakem tapi itu emg ciri khasnya.klo skywave jgn ditanya lg smua org udah tau utk mtr matic ternyaman dan hampir tak ada kekurangan ya skywave punya dong.istriku klo ku ajak jarak jauh antara surabaya-ngawi sktr jarak 350km.istriku sngt betah bila pake suzuki skywave karna sngt dan sngt nyaman sekali.utk suzuki skydrive saya lbh suka pake sendirian karna saya suka ngebut klo pake skydrive.utk performa skydrive mantap abis,larinya kyk syetan cuma sygnya begasinya kecil tapi klo kmu suka ngebut slhkn coba skydrive.
bro, menurut ane bagusan hayate, soalnya ane pernah jajal nie motor2, kalau vario kecepatan 80 keatas goyang dombret dan kalau direm mendadak dlm kcptn 80 ngebanting, kalau hayate justru dirasa malah seimbang direm dlm kcptn 80 tetap mulus, mungkin karna bobot motornya yg berat kali ya?…hehehe.
ane baru beli 4 bulan yang lalu gan, mantapp ternyata , istri punya vario 125 , ane punya hayate coz harga lebih murah wekekek setalah ane bandingin ternyata lebih enak hayate , stank motor ama deru mesin anteng apalagi kalo ke luar kota dan tikungan dengan kecepatan 70 km tetap stabil, itu pengalaman ane sih gan
Thanks tutorialnya….. jd mkin yakin ma hayate…abia baca lngsung beli…..pas dipake ajiiiiiib
bole d kasih saran g’??kalo’ untuk daerah pegununga lebih enak mana antara hayate sama vario?? tq sebelumnya
untuk dipake dipegunungan sebaiknya hayate adakan sedikit ubahan di sektor per cvt ganti yang 1500rpm dan per koplingnya ganti pake yang lebih empuk Mio contohnya bisa langsung plek.. klo emang jln pegunungannya banyak yang curam ganti roller yang lebih kecil gramnya 11gr ato 12gr
vote vartech 125
untuk pegunungan vote hayate…krn saya tinggal dilereng lawu pakai hayate sejak maret 2012 ,matabs pokoke…
jujur aja aq lebih suka pakai hayate ketimbang vario,soalnya dari tampilan vario 125 kalah jauh banget sama hayate,,
dilihat dari teman” yg pakai vario, body cpet banget miring karena pakai 1 shock aja, trus vario 125 injeksi, ada suara ngoroknya waktu di geber, apa itu ksalahan pabrik atau gmana,
pokoknya vote untuk hayate deh
vartech 125 lbih oke lha, saya udh coba buat di tarikan diatas 90km/jam itu msih seimbang ngak goyang”, dan juga vartech 125 yg megang merk terkenal HONDA jdi udh psti lbih bgus dbanding saingan” lainnya
om, saya mau tanya nih kebeneran aye lg galau mau nyari matic buat ngegantiin tugas si legenda yg mau ane pensiunin
ane masih bingung, kira2 ane tiap hari kira2 pp 25-30km kira2 ane butuhnya kaya gini speknya hehehe:
1. stabil kalo buat kenceng sama nikung (jaga2 kalo telat ngantor apa telat ngapel, hehehe)
2. iritnya yg wajar
3. bagasi luas
4. bisa diajak disiksa di berbagai medan pertempuran (kadang jalan rusak parah kadang alus)
5. sparepart gampang
6. ga terlalu rewel alias jarang sakit dan bisa tahan lama soalnya kayanya bakal dipake lama
kira2 yg mana ya om yg aye musti pilih, vartech yg baru (yg idle stop system) apa hayate kalo ane punya spek kaya diatas? hehe
makasih ya om2 semua
hayate aja om, klw kualitas motor ga akan nyesel, tapi sabar klw pas service jika suka dicuekin atau tidak ramah staf2nya
sy pernah coba lima type matic, pinjamsaudara….(kalo saudara beli motor,,,sk suruh sy tes jarak jauh…karna sy sebulan 2 minggu sekali pulang kampung….maklum bini dikampung…knp dikampung he he tu rahasia sy)…..perjalanan jakarta – jampanhkulon (surade) 220 km. terakhir sy coba hyt,,,sy kaget dg kenyaman motor ini menempuh jalan naek turun, berkelok-kelok…jln rusak. acungin jempol ni hyte, stbil mantap,,,ga melelahkan untuk type matik(perlu diketahui 220 km berhenti sekali. perjalannan ditempuh 7 jam….ko lama …ga percaya buktikan sendiri. jadi naksir ni hyt…kumantapkan sy beli….masa bodo dengan harga jual…bensin boros? standard lah…yg penting pulang kampung nyaman….mobil! lum mampu beli,,,,,
motor merk y & h byk bodongnya di daerah…jadi ga special..punyaku sendiri jupe burhan….mantap juga, tapi hayate bisa bawa beras merah balikmke kotanya….he he hasil tanam sendiri (ngantor sambil bertani)
Masing2 memiliki kelebihan dan kekurangan…pilih sesuai kebutuhan dan budget kantong…kl sy pribadi lebih suka hayate krn shock belakangnya double karena sy ini sering membawa beban berat, kl shock single sy riskan.
Cari motor suzuki mampir d http://www.dealermotorsuzuki.com / cari mobil seken d http://www.mobilbekas99.com
Thx to admin
Norman
Komparasi Vario Techno 125 VS Suzuki Hayate, siapa yang terbaik? | keshamotor
wah ternyata gue ketinggalan info. gue baru aja mau beli. kata pemilik dealer ni hayate terakhirnya. tp lebih baik terlambat dari pada salah beli.
Di jual cepat nih hayate thn 2012 pajak hidup warna putih barang mulus hanya 9jt nego alus minat hubungi 085267735069/ 085769884510
kerenan Skywave kayanya. soalnya bentuk lekuk dan lancipnya imbang, klo Hayate ini malah mirip Vario lama.
vote to hayate,dari power sd pengereman mendadak jauh lebih ok, bandingkan aja gan pd saat ngebut agan2 pakai vario trus rem dadakan plak,,, bahaya bgt deh,,,, klu ga buang kekanan kekiri tuh ban belakang.. semoga berguna
waaah terlambat nih saya bacanya.. tapi gpp ya just mau share aja, kalo gw dh pake hayati setaon ini, pdhal dr dulu ngincernya skywave, sayang udah expired. Nah hayati ini baru sebulan beli lgsg gw pake touring jakarta-pamengpeuk kira2 270km/550km pp… jalurnya yg naek-turun dan banyak tikungan ekstrim ternyata sangat enak dilibas hayati gw.. stabil dan gk bikin capek.. dari 4 merek motor yg pernah gw pake/beli, suzuki, yamaha, kawasaki dan honda.. paling enak cuma 2 merek, kawasaki dan suzuki, semuanya tipe bebek/skutik.
sy pengguna vario 125 thn 2014,overall saya puas pk vario,namun 2 mgg yg lalu saya sempat bertukar motor dgn teman saya slm 2 hari stas permintaan dia,kebetulan motornya hayate thn 2013,slm 2 hari pemakaian saya sgt puas sekali dgn suzuki hayate ini,menurut saya,lebih nyaman utk dipakai sendiri/boncengan,cukup stabil saat dlm kecepatan 70-80,model lebih keren hayate daripada vario saya hehehe,menurut saya hayate sangatlah memuaskan,dari semua sisi,kecuali sisi teknologi nya hehehe,dan tentunya dr sisi pemasaran dan promosinya
Hayate’ itu ibarat Berlian yg terpendam. Sementara…
Vario’ itu ibarat batu bacan yg banyak dipasaran.
π
setelah baca2 comment2 nya..Okelah..aku ambil hayate..barusan lego vario125 techno..buat beli kawasaki ninja 150..cuman buat simpenan ajaa..tp buat operasional krj mau nyari matik yg tangguh&lain dr biasa nya..pake mbl truss boross..selama ini..aku blm pernah motor suzuki..biasa nya honda&yamaha..pengen nyoba suzuki..terutama hayate/skywave..selain seken nya hrg nya terjangkau..pengen nyoba ketangguhan nya seperti comment2 nya diatas..udh ada pandangan sech..cuma tinggal nego hrg aja..makasih
irex
Hayate yang terbaik pada komparasi kali ini
Hmm it appears like your site ate my first comment (it was super long) so I guess I’ll just
sum it up what I wrote and say, I’m thoroughly enjoying your blog.
I as well am an aspiring blog blogger but I’m still
new to everything. Do you have any recommendations for beginner blog writers?
I’d genuinely appreciate it.
simulasi kredit
Komparasi Vario Techno 125 VS Suzuki Hayate, siapa yang terbaik? | keshamotor