jump to navigation

Keluhan Dahsyat Seorang Konsumen Yamahmud di Produk Sooul Gete June 13, 2013

Posted by keshamotor in Uncategorized.
trackback

Asalamualaikum

Mas bru ane dapet kiriman komen cukup panjang ni dri seorang pembaca, mohon di tanggapi atau di analisa. dari alamat email : krisna.durian@gmail.com

Pada bulan Agustus 2012 saya tertarik untuk meminang sebuah motor baru,pilihan jatuh pada motor matic andalan Yamaha,yaitu Yamaha Soul GT dengan no. mesin 1KP118581 dan nomer rangka MH31KP001CK117151.Motor ini bodinya macho banget,keren abis dech pokoknya.Sesuai dengan tagline Yamaha Keren,Lincah,Irit.Tetapi menurut pengalaman saya itu semua tidak terbukti.ternyata hanya sekedar bodynya aja yang keren,sedang mesinya berbeda 180 derajad.
Pengalaman saya memakai Yamaha Soul GT,saat odometer menunjukan 2000km mulai muncul getaran di cvt saat berjalan pada kecepatan konstan 50-60kpj(kilometer per jam).Shock depan dan shock belakangnya keras banget.Apalagi saat melewati jalan yang tidak rata.Pada saat masuk ke bengkel resmi yamaha,saya tanyakan keluhan yang saya alami tersebut ke mekaniknya,dan kata mekaniknya itu gara-gara filter udara nya yang lebih panjang dari versi mio karbu(mekanik yg ahli pasti ketawa nich mendengar jawaban dari mekanik Yamaha yg seperti itu) hingga timbul gejala greg-greg saat kecepatan konstan 50-60kpj.Kalau shock yang keras,diciptakan untuk mendapatkan handling yang mantap (bagaimana bisa dapat handling yang mantap kalau tangan kesemutan dan pinggang sakit karena shock yang keras?). Ya sudahlah, cuma masalah kecil saya kira.Tapi saat odometer menunjukan 4000km kok getaranya semakin bertambah keras.Kerasa greg-greg sampai kekaki,dan larinya juga bertambah pelan,top speed cuma 80kpj.
Akhirnya saya tlp call center Yamaha pusat Jakarta pada tanggal 27 september 2012 untuk menyampaikan keluhan saya tersebut.Pada tanggal 28 september 2012 pagi sudah ditlp balik oleh yamaha call center Surabaya (bener2 fast respon,but not sure)karena memang posisi saya di Surabaya.Akhirnya bikin janjian bertempat di pusat claim shop yamaha Surabaya yang berada di Pusat Motor daerah Kenjeran,ketemu dengan mas Pawit.Setelah menyampaikan keluhan saya,akhirnya motor saya tersebut ditinggal untuk dianalisa penyebab keluhan keluhan tersebut.Menginap dech 1 hari.Pada keesokan harinya saya dihubungi kembali,masalah sudah teratasi,kata mas Pawit gara-gara rolernya ada yg aus(baru jln 4000km dah aus rollernya,gimana nich mutu part original Yamaha?).sedangkan untuk shock yang keras jawabanya sama dengan mekanik yang pertama menangani motor sayaYa sudahlah yg penting sudah sembuh penyakitnya(greg-greg saat kecepatan konstan 50-60kpj).Saya bisa beraktifitas lagi dengan menunggang motor kesayangan walaupun dengan shock yang tidak nyaman.
Tetapi setelah pemakaian jarak 10.000km ada gejala baru,tiap start awal dari 0-10kpj ada gejala gredeg-gredeg (getaran pada seluruh boddy motor) yg sangat keras.Rasanya bersumber dari cvt bagian belakang .Power juga menurun saat dipakai jarak jauh dan saat dipakai berboncengan .Motor kembali saya masukan ke bengkel resmi Yamaha (Cahya Persada Motor jln.Sulawesi 39 Surabaya),sekalian buat perawatan rutin.Kata mekaniknya karena stelan klep dan settingan ECU injeksinya kurang pas (untuk keluhan lost power), dan kotor pada bagian cvtnya (untuk keluhan gredeg-gredeg).Ya sudah service ringan(stel kerenggangan klep dan setting ECU) plus bongkar,sekalian dibersihkan cvt-nya (jasa service service ringan dan service cvt berbeda).Setelah keluar bengkel,motor sehat wal’afiat,seger waras.
Tetapi setelah pemakaian berjalan jarak 350km-an dari saat masuk bengkel gejala greg-greg itu muncul lagi.Karena masih ada garansi service motor saya bawa masuk bengkel resmi Yamaha(Cahya Persada Motor jln.Sulawesi 39 Surabaya) lagi.Oleh mekaniknya(mas Nanda,sama dengan saat masuk pertama di bengkel ini) dibongkar lagi dan dibersihkan lagi cvt-nya.Posis pembersihan ditempat yg sama saat saya pertama masuk bengkel.Mekaniknya bilang kampas ganda (clutch carier assy) dan rumahnya(clutch housing comp) kurang bersih(bagaimana prosedur kerja bengkel resmi yamaha hingga masalah yang sama bisa terulang 2x?).Keluar dari bengkel resmi,seger buger dech,wah kurang bersih berarti kmarin saat masuk pertama,lega juga ternyata cuma kotor aja.tapi setelah 500km dari masuk yg ke-2 tiba2 gejala itu muncul lagi,bahkan makin keras,kayak kampas (clutch carier assy) nggak menggigit sempurna rumah koplingnya (clutch housing comp) ,ini muncul saat motor dalam kondisi dingin dan saat dikendarai di jalan yang macet.
Saya mulai jengkel dengan banyak masalah yang mulai timbul lagi di motor ini.Akhirnya saya putuskan untuk kembali tlp call center Yamaha Jakarta.Tanggal 22 april 2013 saya tlp dan menyampaikan keluhan yang saya alami.Seminggu lebih kemudian,tepatnya pada tanggal 30 April 2013 saya ditlp Yamaha call center Surabaya,dengan contact person mas Yohan.Saya diminta datang lagi ke pusat klaim shop yamaha di Pusat Motor Kenjeran,ketemu dengan mas yohan ini,kata dia “ini motornya ditinggal ya mas,menginap dulu biar bisa dianalisa dengan tuntas keluhanya”. Sekalian saya keluhkan lagi tentang shock depan yg keras (shock belakang sudah mendingan karena saya ganti dengan shock belakang Honda vario Techno 125 original) juga lost power saat mesin panas,atau saat dipakai berkendara jarak jauh (lebih dari 50KM).Saat dipakai berboncengan juga lemot tarikanya(bagaimana tagline keren,lincah,irit bisa terealisasi,kalau kenyataanya seperti ini?).”ok mas,semua saya cek nanti”,jawab mas Yohan
Pada tanggal 1 Mei 2013 sore saya ditelepon,motor saya sudah selesai. Pada tanggal 2 Mei 2013 saya baru bisa mengambil motor tersebut.Menurut mas Yohan sudah beres,sudah ketemu rusaknya dan sudah diganti 1 unit cvt bagian depan.Sekalian rollernya diganti,tapi dengan punya motor Yamaha tipe lain yaitu yamaha mio sporty,biar lebih enteng tarikanya katanya mas Yohan .Pengerjaan berikutnya settingan CO dinaikan menjadi +10 (gak tau nich efeknya apa,tetapi yang saya rasakan tarikan tetep berat,malah lebih boros BBM).Saya lega juga sudah ketemu penyebabnya.
Selang beberapa hari kemudian,tepatnya pada jarak tempuh 450km setelah masuk bengkel pertama, keluhan awal itu muncul lagi.Karena saya sudah punya tlpnya mas Yohan (call center yamaha Surabaya),saya putuskan pada tanggal 10 Mei 2013,untuk langsung menghubungi mas yohan.Kata mas Yohan akan dikonsultasikan lagi dengan Pak Bekti orang yamaha pusat.Pada tanggal 13 mei 2013 saya di SMS mas Yohan untuk (lagi-lagi) datang ke pusat motor Kenjeran.katanya mau diganti satu set cvt belakang (clutch carier assy dan clutch housing comp) sekalian diganti van beltnya.Saya diminta untuk melihat langsung proses penggantian part ini.Ketika part penggantinya ditunjukan ke saya,saya melihat adanya bekas pemakaian di kedua part pengganti tersebut. Menurut penjelasan mas Yohan gak ada stock part barunya,sehingga dikanibalkan dari unit baru,bekas pemakaian itu terjadi saat unit motor yang dikanibal tersebut dites jalan.Ya sudahlah,terima aja,pokoknya diganti dan masalah yang timbul nggak muncul lagi.Akhirnya part dipasang,beres dech,motor saya bawa pulang dengan hati riang,walaupun mulai was-was masalah akan muncu lagi.
Ternyata kekawatiran yang saya rasakan benar-benar terjadi.Habis pulang kampung tanggal 20 Mei 2013 pagi,masalah itu(greg-greg saat start awal 0-10kpj) muncul lagi.Bahkan muncul masalah baru,yaitu greg-greg saat kecepatan konstan,seperti complain saya pada tanggal 28 September 2012.Saya curiga ini gara-gara penggantian roller yg tidak sesuai dengan bawaan asli soul gt.Saya sudah benar-benar kecewa dengan produk Yamaha Soul GT ini.Setelah saya browsing di internet ternyata bukan saya saja yang mengalami masalah dengan Yamaha soul gt.Banyak pemakainya yang mempunyai pengalaman serupa dengan soul gt saya.Akhirnya saya tumpahkan kekecewaan saya ke call center Yamaha pusat pada tangggal 22 Mei 2013,saya sudah pusing dengan semua masalah yang timbul di motor ini,saya tumpahkan semua masalah yang timbul,dari shock yang keras,power yang hilang saat motor jalan 50km keatas,tarikan berat saat dipakai berboncengan,dan yang paling mengganggu getaran yang keras pada seluruh boddy motor saat start awal (jadi tambah parah setelah diganti satu set cvt bagian belakang).Saking jengkelnya saya minta Yamaha membeli saja motor saya ini dengan harga motor bekas.Daripada terus kecewa,karena motor yang dibeli dengan harga yang tidak murah,dari hasil kerja keras saya selama ini ternyata seperti itu.
Tanggapan yang cepat datang dari Yamaha,pagi saya tlp Yamaha Jakarta,malamnya saya sudah ditelepon oleh Yamaha call center Surabaya.Tetapi alangkah terkejutnya saya,bukan respon baik yang disampaikan tetapi terkesan Yamaha cuci tangan dengan problem yang menimpa motor saya ini.Mereka bilang tidak bisa mengabulkan claim garansi saya,karena motor saya sudah dimodifikasi shock belakanya.Saya jadi bertanya-tanya,mengapa tidak dari pertama mereka menolak complain saya,sedangkan dulu saya memasangkan shock juga yang memasangkan mekanik Yamaha pusat motor.Dari keluhan tanggal 28 september 2012 juga saya sudah ganti shock belakang motor saya.Jika dipikir dengan logika,juga saat saya konsultasikan dengan mekanik lain diluar Yamaha yang sudah berpengalaman,mereka mengatakan tidak ada hubungannya gredeg-gredeg pada cvt dengan shock belakang yang diganti.
Apakah seperti ini cara menangani complain konsumen oleh pabrikan besar sekelas Yamaha?Perlu dipertanyakan juga kualitas part dari pabrikan Yamaha ini,setelah motor saya diganti dengan spare part original yang katanya dari unit baru kok masalah malah bertambah parah?bagaimana manajemen dan prosedur penanganan complain sehingga complain berulang terjadi?konsumen dilarang mengganti part selain bawaan asli soul gt,sedangkan pihak Yamaha sendiri mengganti roller soul gt saya dengan roller Yamaha tipe lain yang bukan asli bawaan soul gt(mio sporty) padahal jelas-jelas beda part number di catalog sparepart Yamaha.

Comments»

1. lugupol - June 14, 2013

pertamax,kok lama gak update bro….

keshamotor - June 14, 2013

Kmrin ngerawat orang tua dulu bro, jd libur dulu 🙂

2. lugupol - June 14, 2013

penyakit soul gt,sdh banyak dibahas dibanyak blog…

keshamotor - June 14, 2013

aku yg terlambat 🙂

3. kutil - June 14, 2013

lho bukanya itu juga ada diblok mas ipanase? Sama plek ga ada beda cuma di pertamax7 bersumber dari surat pembaca sebuah koran,,dan disini sumber dari email?? Si pengirim email Copas kali ya mas??

keshamotor - June 14, 2013

Bisa jadi bisa jadi 🙂

4. Perantau a.k.a TKI - June 14, 2013

serem..

keshamotor - June 14, 2013

seyem 🙂

5. micoas3 - June 14, 2013

wah gak motor lama gak motor baru kalau lagi ketemu yang apes dapat yang jelek nih.heheheh.

keshamotor - June 14, 2013

tiada yg sempurna 🙂

6. bikermate - June 14, 2013

nggak heran, sebab tetannga gw juga mengalami hal yang sama.
gak ada produk yg sempurna baik y, h, s, k dll

keshamotor - June 14, 2013

Ooo begeto toh 😀

7. Otoradians - June 14, 2013
8. jofrin - June 14, 2013

sudah seharusnya diperhatikan pabrikan tuch

keshamotor - June 14, 2013

btul:)

9. eru - June 14, 2013

kok soul gt aja..mio j dan mio gt kan pake mesin sama dengan soul gt

keshamotor - June 14, 2013

dapet emailnya ttg sol gete 🙂

10. demit ningrat - June 14, 2013

awas jangan memusuhi Yamaha……….!!! ntar
Honda dihajar Toyota!! ha ha ha ha macam
abg jaman sekarang aja……berani pecicilan,
nantang-nantang ternyata pake dekengan!!
pekok pernyataan orang benci banget
honda!! lha wong honda dan Toyota di
Indonesi semua dipegang Astra mau paten-
patenan…..

keshamotor - June 14, 2013

kritik mas bro, mukan musuhin 🙂

11. G-SONK - June 14, 2013

ANE TUNGGU LAMA BANGET BLOG KESHAMOTOR BARU APDET LAGI . ! DI TUNGGU REVIEW SELANJUTNYA

keshamotor - June 15, 2013

siap om

12. muosoookkkkk - June 15, 2013

Kalo memang bener begitu ceritanya semoga bisa menjadi masukan buat pihak YIMM , ini kasus pertama ttg soul GT yg saya tahu .

Bisa karena pas quality check ga bener , atau mungkin krn pemakaian ? (Kondisi jalan + perilaku berkendara berperan penting disini)

Tapi kalo ternyata kasus ini hanya mengada2 hati2 pencemaran nama baik , bisa panjang urusannya .
Cmiiww

13. Tatang Suwanto - June 15, 2013

Weleh weleh, untung ga trtarik ngambil ni mongtor. Prever spacy fi walau kata sbgian org design body’y jelek, gendut, dll. Tp menurut ane elegan, rapi n paling penting ga da masalah di mesin. 10 bulan udah 19800 km, rata2 pemakaian per hari 76km.. Milleage skitar 55 – 60 kmpl (tergantung bejek throttle). So, mana sih yg blng yamaha kualitas no. 1, ahm kualitas abal2..

14. Papa Afnhy - June 18, 2013

gawat gawat
*ngelirik soul gt digarasi

15. Kasusional - June 25, 2013

Ya begitulah kalo pas kebagian yang jelek. Tetangga sy jg yg bli Vario 125 bln Mei 2012 pas kbagian yg ngorok dan tdk brtenaga, diler yg jual ga tnggung jwb,lalu dbwa k diler lain dan ditukar tambah dg yg baru, nambah 1,5 jt. Nah yg bru ini bagus ga ada masalah smp sekrang. Nasib kali.

16. shadowspripit - June 27, 2013

kalo mau awet dikerudungin aja digarasi….. hihihi… itu komplain sama penggantian sparepart bayar atau ngga mas bro atau cuman mau ganti sparepart gretongan dengan dalih claim? maap no offense… 🙂 peace.. kita kan ga tau gimana cara bawa tuh motor.. kalo alus sih pasti awet kok…
***sambil lirik motor yam*h* matic + h*nd* 125cc japstyle disamping

17. dedy - July 2, 2013

mioJ ane sempat service besar di km 6000an… gara2 sering mogok (4 kali)… kehilangan kompresi… disarankan oleh mekanik beres untuk bongkar.. dan ternyata banyak kerak diruang bakarnya.. padahal ane sejak datang tuh motor di rumah ane minumin RON92…

endik - September 6, 2015

Masalh mio j kehilngan kompresi krn per klap terlalu lemah mas bro,terutama bgian per klep buang,solusinya ganti per klep yg agak keras dikit,di jamin ndak bkalan hilng kompressi….

18. Herry - April 13, 2014

Bagian cvt,roller,pokok nya artikel artikel di dalam rumah penbelt di bersihkan ganti stemphet

19. jiem - June 3, 2014

Ko parah gitu ya soul GT,,
Tapi tergantung pemakaiannya sama perawatan rutinya.
Ane punya Yamaha Nouvo Z tahun 2007, umurnya skarang ud beranjak 7 tahun 6 bulan, tapi tarikan masih enak, mesin masih cihuyyy, bahkan Topspeed masih tembus 140km/jam…
Klw menurut ane sih smua merek motor di dunia ga ad yang bagus produknya klw pemakaian sama perawatannya diluar yang dianjurkan…
Salam bikers…

20. ericho - June 4, 2014

sama dgn yg saya alami
motor saya jupiter mx pembelian oktober 2013 udah 2 kali turun mesin
kronologi pada bulan november akhir entah knapa blok mesin bagian bawah bisa jebol padahal pemakaian normal gak neko2, turun mesinlah yg pertama, januari awal mesin kasar bgt dan saya bawa k bengkel buat servis pdhal blum jadwalnya. saya perhatikan dr awal sampe akhir pengerjaannya memang kurang memuaskan saya dr awal bilang mesin kasar tp sama mekanik cuma distel karbu n ganti oli, setelah saya marah2 baru deh mekanik senior dateng dan cek dan motor saya menginap buat dicek, keesokannya dapat kbar jeroan mtor saya diganti baru entah ada kerusakan apa.

kutu kupreeet - December 7, 2014

euuuieh…ngeri. ya Bro, terlalu cangguih teknologi nya .. sehingga crew di daerah kurang seleksi na dalm kemampuan alih teknologi pemeliharaan – perawatan …

21. damar loro - September 27, 2014

Pny saya juga sama.yamaha mio gt..udh gnti mamgkokan ama van belt.2bln kena lg..greg greg..typ buln serpis sipiti…kambuh lagi…udh 5 x.padahal motor baru 10 buln…nyampe sekarang saya diemin aja…jujur kecewa

22. samsul - December 23, 2014

masih enak nouvo z……
punyaku sampe sekarang masih sip.

23. marcel - March 11, 2015

saya setuju aja sih masalah shock yamaha moi gt yang keras. tariakan top speed hanya mampu 80 km/ jam.

24. fikri fajari - March 23, 2015

sama persis kaya masalah motor mio j ane dulu
kalo ane solusinya,ganti filter udara,bersihin cvt dan alhamdulillah gredek gredek hilang,terlepas dari ada kaitannya atau tidak sama filter udara atau tidak. tapi sudah satu tahun setengah masalah itu gak dateng lagi.

kalo masalah shock juga,ane pengen ganti sama punya honda atau yss

25. dhewa - March 5, 2016

Aq juga pemakai soul GT 2012 tp kendala yang aq hadapi cm shock dpn blkg keras klo soal mesin gk ada kendala sama sekali soal tarikan berat d awal tp menengah atas ngisi topspeed 120 km/jam soalnya roller sm percvt dah ganti sm setting co+ + pke pertalite….sekian dan terima kasih

26. mastemi - June 8, 2016

Yamaha payaah abeesss, mio j gue mogok mulu. sekarang udah ganti honda vario 125 hasilnya wuussh tanpa masalah lagi.


Leave a comment