Suara Ngorok Bukan Black Campaign, Tapi itu Berasal dari Keluhan Pemakainya Sendiri. Testimoni Langsung dari pojok.welovehonda.com nih June 17, 2012
Posted by keshamotor in Uncategorized.trackback
Assalamualaikum
mas bro semua Informasi mengenai ngorok pada vartek 125 bukanlah sebuah black campaigne semata, tapi semua itu adalah keadaan real di lapangan. ini terbukti dari keluhan – keluhan yang di sampaikan oleh para pengguna vartek 125 di situs resmi http://www.pojok.welovehonda.com berikut kutipan testimoninya :
Saya sudah memiliki honda vario 125 pgmfi. Saya mengeluhkan suara ngorok di sekitar mesin (disekitar kanan mesin). Saya coba cari permasalahan itu melalui media Internet, dan ternyata permasalahan motor ini ada dua yaitu overheat dan suara ngorok. Untuk overheat motor saya tidak kena, tapi masalah ngorok itu yang menjengkelkan. Dan di media Internet saya menemukan masalah overheat itu tidak terjadi di semua produk keluarannya itu (itu hanya masalah human error saja) saya memaklumi sebab pekerja dituntut mengejar target memenuhi permintaan pembeli. Dan masalah ke dua yaitu bunyi ngorok itu yg belum ada pecahannya. Dan dari sumber di media Internet katanya kepala mekanik AHM, bahwa bunyi itu berasal karena mesin ini kompresinya tinggi 11. Kalau pendapat saya, suara yg terjadi krn kompresi tinggi adalah nglitik bukan ngorok (di teknik disebut knok atau knoking). Dan dapat dihilangkan dengan memundurkan pengapiannya atau memakai bahan bakar beroktan tinggi. Saya coba motor ini saya beli pertamax plus, ternyata ngoroknya masih. Kalau saya mundurkan pengapiannya mungkin tidak bisa krn mesin ini sudah pakai eccu. Mohon pak hon memecahkan masalah ini, agar nantinya Honda selalu di hati masyarakat Indonesia.
Salamdan dari beberapa thread tersebut jawabannya selalu mengenai kompresi )
Salamdan dari beberapa thread tersebut jawabannya selalu mengenai kompresi )
(M.Endarto : Om Mod…mungkin sebaiknya honda tidak menganjurkan kita untuk menghubungi mereka saja. Saran saya alangkah baiknya AHM mengumumkan mengenai masalah “Ngorok” ini. pakai aja media internet yang ada. kami pemilik Vario 125 sangat amat kecewamengetahui kekurangan yang ada ini. Kalau perlu Honda Me-recall Vario 125 PGMFI yang sudah terjual dipasaran. itu akan lebih bijak bagi AHM dalam kaitanya menjaga hubungan baik dengan konsumen dan juga sebagai layanan purna jual bagi konsumenya. )
(Npriyatmojo : salam kenal mas bro semua
saya juga punya vario 125 injection
dan keluhanya hampir serupa dengan mas bro semua yaitu suara ngorok saat dipakai akselerasi
tapi untuk masalah overheat alhamdulillah tidak terjadi
pada saat baru datang nih motor belum bunyi ngorok begitu tetapi setelah sering dipakai bunyi ngorok muncul dan memang cukup mengganggu
bahkan saya sempet konsultasi sama temen mekanik yg pengalaman dan katanya permasalahnya krn nih motor tergolong irit dan kompresi yg bisa dibilang sgt tinggi utk ukuran motor jadi seperti top mesin yg terlalu tinggi.
tapi setelah saya minta setel agak boros juga masih saja suara ngoroknya masih muncul
jadi mungkin ini bisa dijadikan pertimbangan buat AHM supaya bisa jadi bahan pengembangan yg lebih bagus buat vario techno
karena secara overall nih motor sdh lengkap. nyaman dan oke buat diajak adu cepat. )
saya juga punya vario 125 injection
dan keluhanya hampir serupa dengan mas bro semua yaitu suara ngorok saat dipakai akselerasi
tapi untuk masalah overheat alhamdulillah tidak terjadi
pada saat baru datang nih motor belum bunyi ngorok begitu tetapi setelah sering dipakai bunyi ngorok muncul dan memang cukup mengganggu
bahkan saya sempet konsultasi sama temen mekanik yg pengalaman dan katanya permasalahnya krn nih motor tergolong irit dan kompresi yg bisa dibilang sgt tinggi utk ukuran motor jadi seperti top mesin yg terlalu tinggi.
tapi setelah saya minta setel agak boros juga masih saja suara ngoroknya masih muncul
jadi mungkin ini bisa dijadikan pertimbangan buat AHM supaya bisa jadi bahan pengembangan yg lebih bagus buat vario techno
karena secara overall nih motor sdh lengkap. nyaman dan oke buat diajak adu cepat. )
(vartech 125 : apkah munculnya suara ngrok tsb bs dikategorikan sbgai kslhan proses, material dsb masbro? sya khwtir jka klaim sya ajukan mrka akan beralasan bhwa ngorok adalh normal dan tdk menggangu performa krn itulah jwban yg slalu dbrikan stiap sya mnyakan mlalui email ke honda pusat atopun di ahass tmpt sya. mmg sih tdk mengganggu prforma tapi sangat mengganggu knyamanan pngguna. mhon pncrhannya masbro. )
(jenggotelectro:Jadi kesimpulannya jika salah satu part mengalami masalah maka yg lain yg berhubungan kemungkinan besar akan mengalami kerusakan, tapi pertanyaan yg susah adalah berapa lama part lain itu akan rusak pihak honda seharusnya klarifikasi di sini soal produk mereka dan jangan diam saja nih, kita harus klaim atau mereka yg akan recall produk mereka , saya juga pemilik vario 125 yg juga terganggu dgn suara ngorok ini tanya ke ahass jawabannya gak ada yg sama, ada yg bilang karena box filter yg lain bilang karena kipas radiator )
(irawanachmad : Pak Hasibuanirfan, dengan pergeseran posisi crankshaft, apakah tidak akan mempengaruhi komponen seperti piston, silinder dan conecting rod-nya? Saya malah khawatir dengan pergeseran ini malah akan berpengaruh keseimbangan komponen tersebut td, menurut saya dgn temuan bpk hasibuanirfan.., bisa terliat terjadinya kesalahan desain produksi pd komponen crankshaft dan crankcase oleh pihak AHM.
Betewe.., td ke Wahana Gunung Sahari, mencoba ngobrol dgn kepala mekanik, tp jawaban yg diberikan tetep sama bahwa sumbernya dr filter udara. Saya sdh menceritakan tentang temuan solusi ngorok dr Palembang, akan tetapi mereka tetap berkeras blm ada konfirmasi resmi dr pihak AHM, malah dengan sedikit guyon, org-nya bilang “dinikmati saja pak”.
Akhirnya dgn bete sy tinggalin saja. Lanjut usaha ke tahap berikutnya dengan ngirim email ke AHM.., mudah2an tanggapannya bisa memuaskan tanpa copy paste jawaban yg sudah2..)
Betewe.., td ke Wahana Gunung Sahari, mencoba ngobrol dgn kepala mekanik, tp jawaban yg diberikan tetep sama bahwa sumbernya dr filter udara. Saya sdh menceritakan tentang temuan solusi ngorok dr Palembang, akan tetapi mereka tetap berkeras blm ada konfirmasi resmi dr pihak AHM, malah dengan sedikit guyon, org-nya bilang “dinikmati saja pak”.
Akhirnya dgn bete sy tinggalin saja. Lanjut usaha ke tahap berikutnya dengan ngirim email ke AHM.., mudah2an tanggapannya bisa memuaskan tanpa copy paste jawaban yg sudah2..)
recall sebentR Lagi nih….
assek berarti dapet motor baru nih ๐
Gak mungkin ada recal, itu hanya masalah estetika, pengalaman dulu pake supra x 125D, penyakitnya gasnya nyangkut kalau hujan atau cuaca dingin, padahal sempat ganti tali gas 2 kali, sampe mesin ngegerung, mekanik pada tau kok soal penyakit bawaan ini, ini berbahaya tekait masalah nyawa, tapi gak pernah kan dengar di Recall, makanya sekarang saya ANTI HONDA
ngorok = estetika ๐
moga d dengar…
aamiin ๐
anggap aja lagu, om..,,,,lagu lama
lagu lama,kaset baru
Jadi inget MX2006 ane dl… ngoroknya minta ampun… tapi kalo lihat vario 125 dijalan ngoroknya kok masih serem punya suzuki skydrive ya?
sky drive bukan tandingan vartek, sk ngorok wajar ga laku juga kan, trus masih karburator lagi. lah ini udah injeksi, design terbaru blm setengah tahun ko ngorok??
kykny dr filter… prnh buntutin vartech dr blkg suara ngorok saat akselerasi…
xixixix sip lah ๐
Mantep nya recall gede”an ahm… Gpp yang penting kualitas
recall = pulang kampung
โdinikmati saja pakโ kok kampungan banget ya bercandanya? ๐
haghaghag ๐
Memang saat ini yg plg tepat adalah dinikmati saja, kalau nunggu perbaikan bakal kecewa gan. soalnya biarpun banyak yg tdk nyaman dgn suara ngoroknya tetap aja penjualanya moncer. Org yg mengeluh ngorok hny mencari kesempurnaan saja krn bln terbiasa dgn suara itu. Secara overall mereka yg mengeluh tetap menyukai vario 125. Bila penjualanya ud jatuh kaya xeon dan yg mengeluh ngorok pada dijual ganti merk/type lain barulah AHM akan memperbaiki.
ente udah denger langsung blm suara ngoroknya? fals bgt om, ga pantes sama design dan teknologi varteks 125
ya mau gemana kalau bisa klaim aja semua konsumen vario 125 (yang ngerti teknis) dengan klaim baru bisa tahu itu AHM namun kalu cari jalan sendiri misal dibongkar dan ganti sendiri itu komponen penyebab ngorok ya jadi unprocedural masyarakat jadi bingung nih, sementara mator dipakai terus. yang secara teknis akan kerusakan terus melaju karena komponen utama yang rusak dan akan rusak merembet ke komponen utama yang lain ngeri dah….
time will tell, whats happened
biar xeon jatuh tp kok ndk ada kluhan yg brlebihan yaa?
Tmbh lg…5 tman yg pake vario 125 pgm fi nggk cm pusing sm ngoroknya…stiap bulan mesti ganti busi..biasa/racing sm aja tuh..gmn?
Wowwwww, blogger Suzuki yang mengangkat cerita ini? Benar yang diatas adalah keluhan konsumen (mungkin). Sementara artikel ini yang lebay
siapa ya blogger suzuki???
Salahkah Blogger punya motor Suzuki ? Saya punya Kawasaki dan Suzuki, terus gak boleh bahas Honda sama Yamaha gitu ? Emang dikira Blogger-blogger papan atas punya semua merek motor ? Jangan bedain blogger dari motornya oi, orang gak punya motor juga pantas kok jadi blogger roda dua
Menurut saya ini post gak lebay kok, cuman coppas keluhan orang dari forum, gak ada black campaign karena perbedaan merek motor yang punya blog sama yang dibahas. Toh ini masalah emang nyata dan dibenarkan oleh para pemilik Vario 125
huhuhu terharu ๐ฆ , akhirnya ada yg belain ane juga ๐
Solidaritas blogger gan
baru dibilang lebay aja langsung deffense gtu … hohoho .. klo emg lebay trus mau gmn ??? ya terima aja … tandanya mesti bnyk belajar.
gtu aja repot …
Ya gimana ya, orang udah susah-susah bikin artikel buat informasi seenggaknya kalau kritik ada tata krama nya, bukan langsung “menghina” status kepemilikan motor blogger. Kan kritik cukup di hal yang di kritik tanpa harus memberatkan di hal yang tidak ada hubungannya dengan kritiknya. Toh dia masih peduli dengan nasib para pemilik Vario 125 yang mempunyai prolem tapi belum di selesaikan oleh pihak pabrikkan. Kalau sales pabrikkan sebelah pasti tinggal ngomong ” Gak usah beli motor ini, ngoroknya bikin ilfeel “
kasian banget dah, masa kekurangan-kejelekan- dari suatu produk gak boleh diinformasikan, malah dibilang lebay, ha.ha…
iya emang ngorok… (saya dah nyoba punya adik sepupu)
oke oke thanks infonya ๐
gan tolong dikumpulkan juga masalah2 yg tjd pd mesin new blade y,ditunggu n mksh
soale nih motor jg bermasalh,mesin brebet,byk yg kyk gitu,yg disalahin slalu busi,sy gk ngerti mesin tlg pencerahannya,mksh
Padahal saya mau belinih motor vario..klo pelayanannya seperti ini mendingan nggk beli honda dah ..yg lain masih banyak.
merek sebelah aja om. lebih nyaman tuh ๐
Betul bro… saya juga pengguna vario 125 ini .. suara ngoroknya emang mengganggu
bisa direkam ga mas bro?
bisanya sih bisa bro, cuman males aja.. tuh di jalanan kalo pas ketemu vario125 buntutin aja trus jejerin bentar pasti terdengar suara ngoroknya… kalo di gas bunyi krroookk…krrookkk..gitu bro.
iya smalem ane juga ngejer vartek 125 di jalan malem2 smbil ane rekam di HP, dan terdengar jelas suara ngoroknya aneh bgt. sayang waktu diputer videonya suaranya ga fungsi di HP ane ๐ฆ
hayate ane emang ngorok,tp gak gitu2 amat.
lg nongkrong di pinggir jln ada vartec125 lewat,kira2 speed 30kmj,suara ngoroknya terdengar banget sampe jauh.
setuju ๐
dapatkah dikatakan produk gagal ahm?
Kalo dilihat historisnya, var 125 mrpk downgrade dr pcx 125, padahal pcx mesinnya tanpa ngorok.
Seharusnya kalo hanya downgrade fitur, suara ngorok tak akan ada.
Entah kalo yg didowngrade kualitas bahan, bs dr campurannya, kepresisiannya dsb.
Kita tunggu aja pernyataan resmi ahm.
time will tell ๐
vartec 125 mo di recall ke LAUT dijual bakalan ga laku……….
mosok sih? sales sebelah ya
xixixi bukan om ๐
tega sekali mas bro ๐
yg beli ga tau barang , taunya merek honda “pasti bagus”, mertua ane hampir beli suprax125, tp ga jadi setelah tes axelo ma titan, akhirnya pilih axelo dah..
absen aja om. ๐
hadir
Harus direcall kalau tidak produk Honda yang lain gak laku.. hentika segara iklan2 vario 125i dikoran dan di TV karene menyerumuskan konsumen untuk membeli barang cacad produksi seharga 16,43 jt.. ngeri ..
iii ngeri ๐ฆ
kebanyakan yg mengulas ttg vario ngorok tuh cuma sales dr produk sebelah doank,
mentang” produk vario gak operpret (perfect) dgn fitur”canggih,
hal kecil dibesar”kan apa mereka pernah mengulas ttg ACG stater vario yg terkenal gk ada bunyinya wktu mesin distater ,..?
tp gpp lah namanya jg usaha sales, wkwkwkwkwk
btw wktu vario di test riding apa ada dari raidernya yg ngomong varionya ngorok…?
kalo ada yg bilang topspeednya ampe 125km/h mah itu bener secara treknya panjang,
http://tmcblog.com/tag/vario-125/
1.lihat artikel sebelumnnya dibahas dengan kecanggihan ACG pario125 saat komparasi dgn Hayate. (ane cukup netral kan?)
2. pario ngorok terjadi setelah skitar 1 bulan pemakaian, jd saat test ride tentu blm ngorok.
3.wajar dapet 125 kpj, wong motor 125cc dan injeksi? pas riding turunan pula ๐
Tenang gan, begitulah fbh, nggak liat artikel sebelumnya langsung nyerocos, produk dikritik agar lebih baik malah sewot.
kalau ane bukan pemilik, tapi pendengar setia suara ngorok Vartech125 di jalanan.
But lain orang lain persepsinya, bagi ane suaranya biarlah menjadi khas vartech seperti halnya Jupiter MX dulu, toh tidak terlalu mengganggu
http://www.sejutaumat.com/2012/06/18/video-motogp-2012-silverstone/
ciri khas ngoroknya. wokelah ๐
pernah denger ngoroknya pulsar dan MX?????
pernah, tapi ga separah pario ๐
http://www.pasukanlangit.co.cc/2012/06/final-liga-champions-2005-liverpool-fc_1487.html
liat liverpool dulu bro
YNWA = youll never win again ๐
Konsumen wantupaif yg protesnya dicuekin ahaem mustinya ngadu ke surat pembaca di koran. Dijamin pasti ditanggapi serius, apalagi kalau banyak yg ngaduin ๐
setujuuuuu ๐
lagi nunggu feature yg berikutnya..setelah ngorok pasti ngelindur…xixixi
wkakakakaka ๐
Serem entar ada suara orang ngomong-ngomong sendiri
Yang bilang overheat itu cuma human error berarti pembenaran atas kacaunya Quality Control suatu ATPM…atau jangan2 besok suara ngorok juga dibilang human error….soal Vartech 125 memang byk…coba bayangin aja beli fender belakangnya aja sampe inden 1 bulan…mo bukti?…tanya tuch ama bagian Hotline Order Astra Siliwangi Semarang….skrg malah bonus cat terkelupas di bagian behelnya….
wah wah ๐ฆ
Ane lebih suka vario 110 awal, lebih nyaman di jalanan, kencengnya juga nggak kalah, tarikannya malah lebih berasa, nggak nyaman cuma di awal aja, blethaakk.
bletak duerr plus boros ๐
Hahm udah terbiasa pake motor ngorokan semua (mx awal/skywave/pulsar) jadi vario 125 mah gak kaget hehe. Yang mempermasalahin cuma belum pernah bawa motor ngorok aja sebelumnya padahal motor ngorok mah banyak.
tapi yg ane denger secara langsung suara ngorok di pario bener2 aneh mas ๐ beda sma motor lain
Seperti loss power gitu ya gan, ngoroknya varioWTF seperti bensin yang telat turun ke karbu, tapi ini kan motor injeksi. ane curiganya karena mapping ecu-nya di bikin uirit.
saya termasuk pemilik vartek 125i, awal beli ada gejala overheat & ngorok dan kerrrr…..kerrrrr… solusi overheat waktu itu ditambah cairan pendingin karena kurang, sementara ngorok masih ada sampai sekarang. saya pikir punya saya cacat produck… Mudah2an ada berita baru dari AHM mengenai ini, karena bener2 mengurangi kebanggaan saya memiliki produck ini…
Trima kasih buat blog ini sudah mengangkat topik ini…
ajib,..mendengkur ๐
Terima kasih atas informasinya yang sangat bermanfaat bagi kami…
Kalau di jalan sih sebenernya ngoroknya gak kenceng-kenceng amat tapi kedngeran jelas(Pengalaman barusan deketin Vario 125). Kita aja yang dideketnya denger apalagi dia yang selama perjalanan ditemenin sama suara ngorok motornya, harus ada solusi dari AHM, kalau engggak bisa jadi bahan hinaan sales merek lain
recall gimana? AHM aja gak tau penyebab nya!
Memang agak beda kok gan, suara saat mengendarai sama suara saat di belakang atau samping vario-nya.
recall gimana? AHM aja gak tau penyebab nya!
Bisa kok kalau mau serius ditanggapi masalahnya. Kawasaki aja footstep rawan copot di recall kok(padahal kalau kita mau perbaikki sendiri bisa)
Shogun 110 lawas punya ane juga agak ngorok kalo putaran menengah, tapi ane sudah terbiasa sama suara ngorok tersebut ๐
kalo memang ngorok beruntung diriku…adiku cewek pilih mio-j akhirnya…he…he…beli bulan maret Nex FI belum muncul krn munculnya baru mei ni….
suara ngoroknya itu dari bearing crankshaft (askruk) sebelah kanan, karena ada celah (kurang rapat),
coba deh ente” minta bongkar + kencengin mekanik ahass, kan masih ada service gratis, “KESALAHAN BUKAN PADA PEMAKAI, TAPI PADA PROSES PRODUKSI”
kesalahan pada proses produksi, ko ga di recall ya?
Mas Agoonk dapat informasi masalah bearing crankshaft dari mana ya? Ane pengen juga benerin Vartek 125 yang baru pakai KM 70 ini. AHM sementara ini menolak menyatakan cacat pada produk.
yaa ga usah bilang product cacat minta betulin aja kalau itu ngorok kalau ga ya gausah diadain, ane barusan dari bengkel, terus sampaikan aja permasalahan ngorok dan udah service pertama, langsung dibongkar itu puly dan dibersihkan dari kotoran, emang ga ngomong kalau itu berasal dari crankshaft dll tapi berkurang sih ngoroknya karena ordometer udah 900 km. yaa sharring aja tk.s
untuk vario dibawah 100 km pemakaian sebaiknya minta betulin ke ahass! ini tekniknya yang dikerjakan oleh ahass plaju hasil postingnya sbb :Masalah suara ngorok di Vario 125 PGM-FI berada pada bearing, crankshaft dan crankcase. Prosedur mengatasinya yaitu dengan bongkar bagian drive pully, kemudian dorong as crankshaft ke arah radiator dengan menggunakan case puller kurang lebih 1mm. Kemudian drive pully dirakit kembali, ditambahkan bahwa dengan cara ini, dapat menghilangkan ngorok pada Vario yang baru berjalan dibawah 100km. Sementara yang sudah menempuh jarak lebih dari 500kmโฆ..ngoroknya sudah tidak bisa dihilangkan
trimakasih banyak infonya mas ๐
maaf ni kurang jelas. .yg ditambah apanya…jd tdk ada penggantiN komponen ya…
andre-denpasar
Punya gue Vario tecno 125, juga sama penyakitnya…..NGOROOOOKKK…baru jalan 250 KM, suara ngorok udah terasa dari baru test drive, trus apa bisa klaim ke AHASS?? tolong pencerahannya…thx
Menurut saya, tampaknya suara ngorok di vario 125 itu memang bawaan orok. Secara desain dan performa motor itu kan ciamik banget toh?! Soal ngoroknya ya terima sajalah sebagai ciri khasnya. Cukup pakai helm full face dijamin silence tu ngorok.
Ibaratnya kita dapat bini yang paras, desain dan performanya ciamik, tapi tidurnya ngorok. Ya terima sajalah. Masa mau komplain ke mertua??!!….
xi xi xi ……….
sebenare sy juga minat mw beli vartech.. cz fiturnya n fungsional banget, tpi begitu bnayak komplain overheat n ngorok, jdi ilfeel dah gue…………. yah tak liat tetangga sebelah aahhhhh
gak usah ragu gan, sy pemake vertech 125,emang agak ngorok tp dibanding jup z, masih kencengan jup z ngoroknya ( padahal jln pelan )untuk kenyamanan matic honda ,lebih unggul dr yg laen (emang sich sy baru nyoba mio doang),tp menurut temen sy yg pake neon, masih jauh unggul vertech 125.
gw pemakai baru vario 125,seblumya pake merk lain, secara overall vario yang terbaik, minim getaran ( ky vario 110 ), tarikan halus bertenaga, sangat nyaman ( suspensi dan handlingnya ), disain bagus, fitur keren, mesin ada suara ngorok, tp ng signifikan banget, gw maklum krn CC besar dan kompresi tinggi, mungkin aja ada solusi dari AHM tp blm diumumkan di media, bagi gw pribadi ng bgt ngaruh ya suara ngoroknya ( kecuali berefek negatif ke part lain ), santai aja.
blom nyobain Hayace ya gan….???? handling Pario lewat lah….. ๐
saya baru beli VARTECH 125 3 hari lalu. Kemarin saya isi bensin pertamax 3L+Premium 2 L. Dipake jalan dengan kecepatan 60-70, kadang iseng 100km/h. Tapi mesin setelah 2jam ga Overheat. sama malah saya bingung kok motor mesinnya halus banget. Kerasa senyap gt. Helm Half Face Longgar jadi ga nutup telinga rapet. makannya pas baca artikel ini malah jadi bingung, Apa punya saya blm terjadi kasus ngorok ? (semoga engga) mau tanya, rata2 yg kasus ngorok pembelian kapan sama terjadi mulai KM berapa? trims… Ayo sharing (Pin saya 21444FA1)
biasanya setelah 300km pak
yaa munkin aja udah ada settingan lebih baik dari pendahulunya, kan banyak yang posting untuk mengatasi ngorok. kalau masih juga ngorok berarti Astra mungkin bahasa kampungnya bolot. sory ini puasa tapi ya karena kekecewaan yang diperbuat oleh astra inkar janji dengan garansi mesin 3 tahun tapi ga ada realisasi. pen
bikin aja fan page nya di facebook atau twwiter….
kan semua org jd tau, media juga akan meng ekspos,.!! jd motornya gk bakalan laku.. abis tuu honda akan merecal semua produknya
ya…ya, saya percaya AHM tahu masalah ini, yang beli saat ini kemungkinan tidak jeli terhadap barang yang akan dibeli dan tidak rajin browsing internet, makanya jika mau beli apa aja cari dulu info di internet, jika tanya sama selle banyak bohongnya. bila tidak keburu butuh, beli tahun depan aja jika sdh ada perbaikan. salam dari saya
Kebetulan pas iseng googling, eh nemu beginian, sekalian share aja yaa,,,
no JEBMEN..
1.silahkan buka di :
2. klik tombol download (orange)
3. login, kalau ada facebook, login with facebook
4. pilih file PDF
5. klik download PDF (biru)
6. taraaa,,, tunggu hasil download
7. start baca mulai halaman 1 – 310
MONGGOOOOOO……………..
Monggo mas bro bergabung supaya makin banyak pendukungnya.
PLEASE LIKE :
Fan Page : Recall Vartech125 Ngorok
SAYA BELI VARIO 125 FI BULAN JULI 2012 MOTOR BUNYI D I BAWAH SEBELAH KANAN ( KREK KREK KREK) KALAU MAU NGELEWATIN MOTOR 100cc PADAHAL KIRA KIRA MOTOR LARI 40 KM/JAM. PADAHAL DULU punya vartek 110 cc Tarikannya kagak kalah sama motor 2 tak BUAT CONERRING masih enak. LAH motor 125 cc
BUat AKselerasi BUnyi KerK kERK Takut COPOT MESINNYA (MASIH enakan bunyi bajaj teng teng teng)..PAKAI BENSIN petramax Plus MALAH PARAH bunyinya ,Pakai Premium MENDINGAN TAPI MASIH BUNYI PAKAI SHEL SUPer rada mesin enteng TApi masih bunyi kerk KREK..MAU KEMANA . SUDAH BANYAK YANG MENGELUH .TOLONG AHM nih motor VARIO 125 Fi Kerk kerk KERK begitulah BUNYINYA (padahal motor baru)
saya juga udh pake 3 bulan vario injeksi…keluhan yg muncul mesin ngorok ama brebet.mesin tiba tiba bisa ngempos sendiri…kalo di gas suara bbeeebb ….be…bbb..jadi mau naik ke 60 kpj gak kuat…udah ke beres tetep gak sembuh padahal temen ane pake mio soul gt lancar lancara aja.gimana cara klaim ke AHM….kalo mau nyalip jadi gak brani…..tiba2 tenaga ilang gitu..
untuk suara ngorok vartec 125 pgmfi .. mungkin ini bisa membantu
http://www.mymotobike.com/article/read_article/54421/171/2012/05/29/Atasi-Bunyi-Ngorok-Honda-Vario-125-Helm-In-PGM-FI.html
ngorok istilah saja koq.. kalau mengganggu untuk mengurangi pasang spons di trotlebody dalam box saringan atau mau hilang sama sekali kipas diganti dengan vario 110 atau punya pcx 125.
kalau ada yang mengalami gejala suka ndut ndutan atau loss power kalau sedang nyalip gampang ganti busi honda cs1 ini busi dingin cuma 13.000 ribu kalau standar vario busi platinum standard panas jadi ECM sering berubah rubah silahkan coba terbukti solusi sederhana.
Hmmm..
Awalnya komentar’a msih netral..tp makin lama gw perhatiin malah tmbah ngaco..ngawur..saling jatohin..
Gunanya blog itu buat share..bukan buat adu argumen..bhkan ngejatohin produk lain..toh td udh ad yg ngasi solusi..knp malah jd tmbah mmbesar2kan msalah kya gini sih..???
Gw pengguna setia HONDA..
Kl mau adu produk..HONDA masih jauh unggul dr produk lain..gw gak usah nyebutin produk lain..krna udah data sdh brbicara..konsumen msih lbih mmlih HONDA..
So..be respect aj..
menyesal beli ini motor, buat para pemakai vario ga usah klaim dijual aja motornya.
Saya salah satu pengguna vartech 125.. Emang ngorok, tapi overheat gapernah. Mungkin dijadikan ciri khas aja ya, toh kompensasinya banyak, krn ekonomis sekali motor ini. Sehari (100an km) pake shell super extra cuman ngisi 20rb (2 liter kurang). Selain itu akselerasinya lumayan bagus, sama mx masih bisa nempel (nempel doang lho, ngelewatin males, serem euy motornya ๐ ). Udah gitu bagasinya muat helm modular (fyi, helm saya kyt rxx yg size xl. Mepet, tp masih muat kok)
Nb: maaf kalau empunya blog ini berkeberatan dgn comment saya ini karena terkesan mengunggulkan produk yg saya pakai, tapi saya bicara jujur adanya ๐
bwt maz agoonk manteb bro infonya….nambah pengetahuan tentang Varionya >>http://www.scribd.com/doc/100541492/Vario-125.
skydrive gw juga ngorok pd saat awal ngegas.dan gw anggap itu bonus,santai aja bro.tapi yg bkin gw ngakak.starter vartek 110..gak nahan wkwkwk
MAU TAU PRODUK GAGAL HONDA???
JAWABNYA:
YA JELAS HONDA VARIO F1 125, SUARA NGOROK, PEMBAKARAN TIDAK SEMPURNA, BUSI HARUS DIGANTI BERKALI2, TERUS TARIKANNYA NYENDAT2 AMPU….NNN DECH KAPOK PAKE HONDA..
SATU LAGI LAMPU BELAKANG TIMAHNYA MUDAH MELELEH, KLU GAK GITU BERGANTIAN PUTUS LAMPUNYA, MA’AF BUKAN MENGHINA YA TAPI INI KRITIK BIAR HONDA BISA LEBIH BAIK KE DEPANNYA
Saya punya vario 125 mempunyai 2 keluha yaitu :
1. Ketika mesin dalam keadaa dingin jalanya kurang sempurna apalagi langsung menghadapi tanjakan sering dak naik.
2. Ketika dalam perjalanan jauh harus ganti busi. saya sudah konsultasi ke dealer honda suruh ganti busi TDR Racing tapi masih tetap dak enak. Bahan bakar sudah saya ganti ke pertamax tetap saja.
Tolong kalau teman teman punya sulusi kasih tahu dong
Ikud nimbrung ya agan2 sesepuh.. Saya juga ud 6 bulan ini pake vario 125. Dan untuk masalh ngorok mesin memang jadi satu hal yg ditemui.. Dan yg kedua saya prnah baca satu artikel mengenai blow by.. (Lupa blognya) disana ada solusinya untuk masalah ini, karena ini ad halnya dengan tarikan yg mkn lemah.. (busi mnjadi berkerak) jd memang untuk jalan jauh siap2 busi cadangan.. Tp klo pihak ahm sampai blg “dinikmatin ajah waduh repot juga ya” saya lebih suka jika ad jawaban yg memuaskan krna selama ini saya berkendara ya krna saya suka dan kebutuhan (kebetulan,sy punya suzuki dan yamaha dirumah) tetapi mekanik mereka alhamdulilaah slalu kasi solusi (meski kdang kecewa, ataw hrus bongkar kanan kiri bahkan kadang ganti skalian tp itu bkan msalah untuk sya ) jd mohon diluruskan krna honda setau saya sudah bsar di indonesia ini.. (Eyang,bokap,sampe skrg pnya bnyak varian honda) kget jg si saat mau coba honda trnyata jawabanya ya sama seperti agan2 diatas.. (Kejadian tiger sya terulang dengan tangki bocornya) regard
Pada bulan Agustus 2012 saya tertarik untuk meminang sebuah motor baru,pilihan jatuh pada motor matic andalan Yamaha,yaitu Yamaha Soul GT dengan no. mesin 1KP118581 dan nomer rangka MH31KP001CK117151.Motor ini bodinya macho banget,keren abis dech pokoknya.Sesuai dengan tagline Yamaha Keren,Lincah,Irit.Tetapi menurut pengalaman saya itu semua tidak terbukti.ternyata hanya sekedar bodynya aja yang keren,sedang mesinya berbeda 180 derajad.
Pengalaman saya memakai Yamaha Soul GT,saat odometer menunjukan 2000km mulai muncul getaran di cvt saat berjalan pada kecepatan konstan 50-60kpj(kilometer per jam).Shock depan dan shock belakangnya keras banget.Apalagi saat melewati jalan yang tidak rata.Pada saat masuk ke bengkel resmi yamaha,saya tanyakan keluhan yang saya alami tersebut ke mekaniknya,dan kata mekaniknya itu gara-gara filter udara nya yang lebih panjang dari versi mio karbu(mekanik yg ahli pasti ketawa nich mendengar jawaban dari mekanik Yamaha yg seperti itu) hingga timbul gejala greg-greg saat kecepatan konstan 50-60kpj.Kalau shock yang keras,diciptakan untuk mendapatkan handling yang mantap (bagaimana bisa dapat handling yang mantap kalau tangan kesemutan dan pinggang sakit karena shock yang keras?). Ya sudahlah, cuma masalah kecil saya kira.Tapi saat odometer menunjukan 4000km kok getaranya semakin bertambah keras.Kerasa greg-greg sampai kekaki,dan larinya juga bertambah pelan,top speed cuma 80kpj.
Akhirnya saya tlp call center Yamaha pusat Jakarta pada tanggal 27 september 2012 untuk menyampaikan keluhan saya tersebut.Pada tanggal 28 september 2012 pagi sudah ditlp balik oleh yamaha call center Surabaya (bener2 fast respon,but not sure)karena memang posisi saya di Surabaya.Akhirnya bikin janjian bertempat di pusat claim shop yamaha Surabaya yang berada di Pusat Motor daerah Kenjeran,ketemu dengan mas Pawit.Setelah menyampaikan keluhan saya,akhirnya motor saya tersebut ditinggal untuk dianalisa penyebab keluhan keluhan tersebut.Menginap dech 1 hari.Pada keesokan harinya saya dihubungi kembali,masalah sudah teratasi,kata mas Pawit gara-gara rolernya ada yg aus(baru jln 4000km dah aus rollernya,gimana nich mutu part original Yamaha?).sedangkan untuk shock yang keras jawabanya sama dengan mekanik yang pertama menangani motor sayaYa sudahlah yg penting sudah sembuh penyakitnya(greg-greg saat kecepatan konstan 50-60kpj).Saya bisa beraktifitas lagi dengan menunggang motor kesayangan walaupun dengan shock yang tidak nyaman.
Tetapi setelah pemakaian jarak 10.000km ada gejala baru,tiap start awal dari 0-10kpj ada gejala gredeg-gredeg (getaran pada seluruh boddy motor) yg sangat keras.Rasanya bersumber dari cvt bagian belakang .Power juga menurun saat dipakai jarak jauh dan saat dipakai berboncengan .Motor kembali saya masukan ke bengkel resmi Yamaha (Cahya Persada Motor jln.Sulawesi 39 Surabaya),sekalian buat perawatan rutin.Kata mekaniknya karena stelan klep dan settingan ECU injeksinya kurang pas (untuk keluhan lost power), dan kotor pada bagian cvtnya (untuk keluhan gredeg-gredeg).Ya sudah service ringan(stel kerenggangan klep dan setting ECU) plus bongkar,sekalian dibersihkan cvt-nya (jasa service service ringan dan service cvt berbeda).Setelah keluar bengkel,motor sehat walโafiat,seger waras.
Tetapi setelah pemakaian berjalan jarak 350km-an dari saat masuk bengkel gejala greg-greg itu muncul lagi.Karena masih ada garansi service motor saya bawa masuk bengkel resmi Yamaha(Cahya Persada Motor jln.Sulawesi 39 Surabaya) lagi.Oleh mekaniknya(mas Nanda,sama dengan saat masuk pertama di bengkel ini) dibongkar lagi dan dibersihkan lagi cvt-nya.Posis pembersihan ditempat yg sama saat saya pertama masuk bengkel.Mekaniknya bilang kampas ganda (clutch carier assy) dan rumahnya(clutch housing comp) kurang bersih(bagaimana prosedur kerja bengkel resmi yamaha hingga masalah yang sama bisa terulang 2x?).Keluar dari bengkel resmi,seger buger dech,wah kurang bersih berarti kmarin saat masuk pertama,lega juga ternyata cuma kotor aja.tapi setelah 500km dari masuk yg ke-2 tiba2 gejala itu muncul lagi,bahkan makin keras,kayak kampas (clutch carier assy) nggak menggigit sempurna rumah koplingnya (clutch housing comp) ,ini muncul saat motor dalam kondisi dingin dan saat dikendarai di jalan yang macet.
Saya mulai jengkel dengan banyak masalah yang mulai timbul lagi di motor ini.Akhirnya saya putuskan untuk kembali tlp call center Yamaha Jakarta.Tanggal 22 april 2013 saya tlp dan menyampaikan keluhan yang saya alami.Seminggu lebih kemudian,tepatnya pada tanggal 30 April 2013 saya ditlp Yamaha call center Surabaya,dengan contact person mas Yohan.Saya diminta datang lagi ke pusat klaim shop yamaha di Pusat Motor Kenjeran,ketemu dengan mas yohan ini,kata dia “ini motornya ditinggal ya mas,menginap dulu biar bisa dianalisa dengan tuntas keluhanyaโ. Sekalian saya keluhkan lagi tentang shock depan yg keras (shock belakang sudah mendingan karena saya ganti dengan shock belakang Honda vario Techno 125 original) juga lost power saat mesin panas,atau saat dipakai berkendara jarak jauh (lebih dari 50KM).Saat dipakai berboncengan juga lemot tarikanya(bagaimana tagline keren,lincah,irit bisa terealisasi,kalau kenyataanya seperti ini?).”ok mas,semua saya cek nanti”,jawab mas Yohan
Pada tanggal 1 Mei 2013 sore saya ditelepon,motor saya sudah selesai. Pada tanggal 2 Mei 2013 saya baru bisa mengambil motor tersebut.Menurut mas Yohan sudah beres,sudah ketemu rusaknya dan sudah diganti 1 unit cvt bagian depan.Sekalian rollernya diganti,tapi dengan punya motor Yamaha tipe lain yaitu yamaha mio sporty,biar lebih enteng tarikanya katanya mas Yohan .Pengerjaan berikutnya settingan CO dinaikan menjadi +10 (gak tau nich efeknya apa,tetapi yang saya rasakan tarikan tetep berat,malah lebih boros BBM).Saya lega juga sudah ketemu penyebabnya.
Selang beberapa hari kemudian,tepatnya pada jarak tempuh 450km setelah masuk bengkel pertama, keluhan awal itu muncul lagi.Karena saya sudah punya tlpnya mas Yohan (call center yamaha Surabaya),saya putuskan pada tanggal 10 Mei 2013,untuk langsung menghubungi mas yohan.Kata mas Yohan akan dikonsultasikan lagi dengan Pak Bekti orang yamaha pusat.Pada tanggal 13 mei 2013 saya di SMS mas Yohan untuk (lagi-lagi) datang ke pusat motor Kenjeran.katanya mau diganti satu set cvt belakang (clutch carier assy dan clutch housing comp) sekalian diganti van beltnya.Saya diminta untuk melihat langsung proses penggantian part ini.Ketika part penggantinya ditunjukan ke saya,saya melihat adanya bekas pemakaian di kedua part pengganti tersebut. Menurut penjelasan mas Yohan gak ada stock part barunya,sehingga dikanibalkan dari unit baru,bekas pemakaian itu terjadi saat unit motor yang dikanibal tersebut dites jalan.Ya sudahlah,terima aja,pokoknya diganti dan masalah yang timbul nggak muncul lagi.Akhirnya part dipasang,beres dech,motor saya bawa pulang dengan hati riang,walaupun mulai was-was masalah akan muncu lagi.
Ternyata kekawatiran yang saya rasakan benar-benar terjadi.Habis pulang kampung tanggal 20 Mei 2013 pagi,masalah itu(greg-greg saat start awal 0-10kpj) muncul lagi.Bahkan muncul masalah baru,yaitu greg-greg saat kecepatan konstan,seperti complain saya pada tanggal 28 September 2012.Saya curiga ini gara-gara penggantian roller yg tidak sesuai dengan bawaan asli soul gt.Saya sudah benar-benar kecewa dengan produk Yamaha Soul GT ini.Setelah saya browsing di internet ternyata bukan saya saja yang mengalami masalah dengan Yamaha soul gt.Banyak pemakainya yang mempunyai pengalaman serupa dengan soul gt saya.Akhirnya saya tumpahkan kekecewaan saya ke call center Yamaha pusat pada tangggal 22 Mei 2013,saya sudah pusing dengan semua masalah yang timbul di motor ini,saya tumpahkan semua masalah yang timbul,dari shock yang keras,power yang hilang saat motor jalan 50km keatas,tarikan berat saat dipakai berboncengan,dan yang paling mengganggu getaran yang keras pada seluruh boddy motor saat start awal (jadi tambah parah setelah diganti satu set cvt bagian belakang).Saking jengkelnya saya minta Yamaha membeli saja motor saya ini dengan harga motor bekas.Daripada terus kecewa,karena motor yang dibeli dengan harga yang tidak murah,dari hasil kerja keras saya selama ini ternyata seperti itu.
Tanggapan yang cepat datang dari Yamaha,pagi saya tlp Yamaha Jakarta,malamnya saya sudah ditelepon oleh Yamaha call center Surabaya.Tetapi alangkah terkejutnya saya,bukan respon baik yang disampaikan tetapi terkesan Yamaha cuci tangan dengan problem yang menimpa motor saya ini.Mereka bilang tidak bisa mengabulkan claim garansi saya,karena motor saya sudah dimodifikasi shock belakanya.Saya jadi bertanya-tanya,mengapa tidak dari pertama mereka menolak complain saya,sedangkan dulu saya memasangkan shock juga yang memasangkan mekanik Yamaha pusat motor.Dari keluhan tanggal 28 september 2012 juga saya sudah ganti shock belakang motor saya.Jika dipikir dengan logika,juga saat saya konsultasikan dengan mekanik lain diluar Yamaha yang sudah berpengalaman,mereka mengatakan tidak ada hubungannya gredeg-gredeg pada cvt dengan shock belakang yang diganti.
Apakah seperti ini cara menangani complain konsumen oleh pabrikan besar sekelas Yamaha?Perlu dipertanyakan juga kualitas part dari pabrikan Yamaha ini,setelah motor saya diganti dengan spare part original yang katanya dari unit baru kok masalah malah bertambah parah?bagaimana manajemen dan prosedur penanganan complain sehingga complain berulang terjadi?konsumen dilarang mengganti part selain bawaan asli soul gt,sedangkan pihak Yamaha sendiri mengganti roller soul gt saya dengan roller Yamaha tipe lain yang bukan asli bawaan soul gt(mio sporty) padahal jelas-jelas beda part number di catalog sparepart Yamaha.
ada Contact personya mas?
Ane mau kasi solusinya klO bisa mas brow:
Sy pernah kerjakan motor honda beat dan vario yg keluhannya ada bunyi kasar di mesin bagian kanan..kerusakannya di bearing as kruk kanan….biasa saya gantikan dengan bearing produk suzuki..hrgx lumayan murah kok….
selamat mencoba,dijamin berhasil
salam kompak slalu…..
fandhy reztim
santai aj mas bro,, tiap orang punya pilihan sendiri2, g usah saling menjelek2an
Coba ganti saringan udaranya pake model busa
Kerusakan apa lagi ni setelah sya ganti tali kipasnya terdengar aneh sperti gesekan disaat mendaki gunung
Sy baru vario 125 terbaru sangat kaget ternyata suara nglitiknya katanya ciri KHASNYA weleh weleh, vario terbaru teknisi hondapun minta ampun gak tau solusinya..
Aku uda abiz uang byk tp vario ku te2p gk ada perubahan !!! Byk penyakit,, kecewa atas produk ini .. .
Coba aja buas agan2 smua buka baut kipas yg ada 3biji, trus di cek bos2an nya klo misalnya udh aga ngoplak dilem aja pake lem korea sma abu roko. Dan di tes geber2
Trims